Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) menyarankan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno sesegera mungkin mengoordinasikan elemen-elemen masyarakat yang mendukung dan berpotensi memilihnya pada Pemilihan Presiden 2019.

"Prabowo-Sandi harus segera mempersatukan kekuatan ormas dan relawan serta membuka diri secara luas untuk berkomunikasi dengan mereka," kata Ketua Umum FKI-1 M Julian Manurung kepada pers di Jakarta, Kamis. 
     
Julian mengemukakan, kekuatan pro oposisi terus membesar dan mengkristal dalam mendukung Prabowo-Sandi. Namun, jika tidak dikoordinasi secara maksimal, Prabowo-Sandi bisa gagal seperti dialami Prabowo-Hatta Rajasa pada Pilpres 2014.
     
Kegagalan Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014 diakui atau tidak adalah karena tidak terakomodasinya secara maksimal dukungan dari berbagai elemen masyarakat.
     
Ketidakberhasilan pada Pilpres 2014, lanjutnya, harus dijadikan bagian untuk intropeksi. Ironis, ketika itu Prabowo-Hatta gagal, tetapi parpol pendukung mendulang kursi di parlemen (legislatif).
     
Julian menyebutkan, saat ini banyak info dari daerah-daerah tentang adanya tekanan kepada relawan sehingga dikhawatirkan mereka goyah, mulai melemah, dan frustrasi dalam mendukung Prabowo-Sandi. 
     
"Kasat mata kita melihat kejadian-kejadian penolakan gerakan Ganti Presiden 2019 di sejumlah daerah. Namun, parpol pendukung Prabowo-Sandi di daerah-daerah itu diam seribu bahasa dan tertidur nyenyak di kursi legislatif," katanya.
     
Julian juga meminta Prabowo-Sandi agar sesegera mungkin mengakomodasi dan menyatukan visi, strategi, dan aksi dalam upaya memenangkan pilpres dan meraih tujuan yang sama, yakni adanya perubahan nasib rakyat ke arah yang lebih baik. 
     
Ia juga mengingatkan agar Prabowo-Sandi tidak silau dengan opini dan dukungan yang terus muncul setiap hari, sebab ada “jebakan Batman” di baik fenomena itu semua.
     
"Maka segeralah selenggarakan Rembug Nasional Ormas dan Relawan Prabowo-Sandi. Ingat, keberadaan pro oposisi di luar parpol pendukung itu sangat besar," tegas Julian.

 Baca juga: Relawan AHY dukung Prabowo-Sandiaga dengan catatan            

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018