Xiaomi rombak manajemen, perbanyak anak muda

Xiaomi rombak manajemen, perbanyak anak muda

xiaomi Logo Xiaomi (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA News) - Produsen smartphone China Xiaomi mengatakan bahwa mereka akan membuat dua departemen baru untuk membantu kerja sang CEO Lei Jun.

Dua departemen baru dalam Xiaomi tersebut akan bertugas  memberi saran kepada Lei mengenai strategi perusahaan dan mengawasi urusan perekrutan, promosi dan pembayaran, lansir Reuters, Jumat.

Xiaomi juga akan merombak empat unit bisnis utamanya menjadi 10 untuk mempromosikan manajer yang lebih muda. Lei menambahkan bahwa mayoritas kepemimpinan yang baru diangkat adalah generasi 1980-an.

"Tim manajemen senior kami telah menerapkan beberapa perubahan yang akan memberikan peluang bagi bakat muda untuk naik pangkat," kata Lei (48).

Perubahan ini terjadi kurang dari seminggu setelah Jack Ma, salah satu pengusaha China yang paling terkenal, mengatakan dia akan mundur sebagai bos tertinggi Alibaba dalam setahun, dan menyerahkan kendali kepada CEO Daniel Zheng, dan menggarisbawahi perlunya perencanaan suksesi berkelanjutan.

Raksasa teknologi China lainnya, JD.com, telah mendapat sorotan baru-baru ini setelah CEO Richard Liu-- yang mengendalikan 80 persen hak suara perusahaan -- ditangkap di Amerika Serikat karena dicurigai melakukan pemerkosaan, sebelum akhirnya dibebaskan.

Dewan direksi JD.com tidak dapat membuat keputusan tanpa kehadiran Liu, sesuai dengan peraturan perusahaan. Liu, melalui pengacaranya telah membantah melakukan kesalahan, karena penyelidikan sedang berlangsung.

Xiaomi mencatatkan sahamnya di Hong Kong pada bulan Juni dalam penawaran umum perdana, demikian Reuters.

Baca juga: Samsung dan Xiaomi berlomba jadi ponsel terpopuler di Indonesia
Baca juga: Xiaomi tak ingin disebut perusak harga pasar


 

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar