Jakarta  (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Islamabad, Pakistan mengadakan donor darah pada Sabtu, untuk mendukung penyediaan stok darah hasil donasi sukarela.

Keterangan tertulis KBRI Islamabad yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan kegiatan itu untuk yang ketiga dan diselenggarakan berkaitan dengan perayaan HUT Ke-73 Republik Indonesia dan menjadi satu-satunya perwakilan yang menyelenggarakan donor darah.

Dalam kegiatan itu, KBRI Islamabad bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Pakistan dan Rotary Club Lahore.

Sebuah papan sebagai latar belakang kegiatan dengan ukuran besar terpampang di aula Budaya Nusantara. Papan itu bertuliskan dengan bernada ajakan, "Give blood. Share life". Tulisan itu menandai semangat berbagi untuk kemanusiaan.

Slogan Hari Donor Darah Sedunia 2018 itu sejalan dengan program KBRI Islamabad ikut mendorong jumlah pendonor darah sukarela di Pakistan.

Duta Besar RI untuk Pakistan Iwan Amri membuka secara resmi kegiatan donor darah yang diikuti 150 pendonor dari kalangan diplomatik, dosen universitas, pelajar Indonesia, dan staf KBRI Islamabad. Bertindak selaku tamu kehormatan adalah Dirjen Asia Timur dan Pasifik Kemlu Pakistan Samina Mehtab.

Dalam sambutan pembukaan, Samina Mehtab menyampaikan "the gift of blood is a gift of life."

Hal ini disambut baik oleh Dubes Iwan Amri yang menggarisbawahi pentingnya kesadaran bagi setiap orang yang sehat untuk mendonorkan darah secara teratur dalam upaya menjamin ketersediaan darah yang berkualitas dan aman.

Dubes Iwan dan Dirjen Samina bersama-sama mengawali donor darah, diikuti oleh Dubes Belanda, Dubes Malaysia, dan Dubes Filipina, Dubes Arab Saudi, Dubes Australia, serta Kuasa Usaha Ad Interim Kerajaan Yordania.

Dengan antusias para diplomat negara sahabat, rotarian, para pelajar, serta staf KBRI Islamabad menyusul ikut donor darah.

Menepis kekhawatiran sebagian orang yang masih ragu untuk menjadi pendonor, Dubes Iwan menekankan pentingnya upaya mengubah rasa takut dan persepsi keliru masyarakat terhadap donor darah.

"Media massa berperan penting untuk memberikan rasa percaya diri masyarakat dengan informasi yang tepat mengenai donor darah yang sehat dan aman," katanya.

Upaya itu, katanya, juga dapat dilakukan melalui kerja sama dengan kelompok masyarakat.

"Untuk alasan itulah, dua hari lalu KBRI Islamabad menandatangani nota kesepahaman kerja sama donor darah dengan Rotary Club Lahore," ujar dia.

Baca juga: Pakistan tawarkan kerja sama pendidikan pelayaran
Baca juga: Tim Indonesia Obati 2.051 Korban Banjir Pakistan

 

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018