Cirebon  (ANTARA News) - Sebanyak 3.000 lebih warga Kota Cirebon, Jawa Barat, secara bersama-sama memakan nasi lengko dalam rangka pemecahan Original Rekor Indonesia (ORI).

"Kita berupaya melakukan pemecahan rekor ORI yaitu makan nasi lengko dan ini merupakan nasi khas Cirebon," kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Jawa Barat, Asep Dedi di Cirebon, Sabtu.

Pemecahan rekor makan nasi lengko terbanyak tersebut kata Asep, diiukuti lebih dari 3.000 orang yang berkumpul di sepanjang jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Dia mengatakan pemecahan rekor tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka mengenalkan nasi lengko yang merupakan nasi khas kota udang itu.

"Dipilihnya nasi lengko, yaitu untuk lebih memperkenalkan lagi makanan khas kepada masyarakat luas, karena di Cirebon bukan hanya ada empal gentong, nasi jamblang dan tahu gejrot, tapi juga ada nasi lengko yang enak," ujarnya.

Sementara itu Presiden ORI, Agung Elvianto berharap pemecahan rekor makan nasi lengko dengan peserta terbanyak ini bisa membawa nasi lengko menjadi ikon kuliner khas Indonesia.

"Jadi bukan hanya kuliner dari Cirebon saja, tapi bisa menjadi kuliner nasional," kata Agung. 

Menurut dia jika sudah menjadi ikon kuliner Indonesia, maka bisa disajikan di berbagai acara yang bersifat nasional, bahkan internasional yang diadakan di Indonesia.

"Ini bisa mendorong UMKM kita bergairah dan tentunya bisa memberikan dampak ekonomi yang menjanjikan," lanjut Agung.

Baca juga: Anies Baswedan nostalgia kuliner khas Cirebon
Baca juga: Polisi berlakukan buka tutup di jalur kuliner Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018