Santiago (ANTARA News) - Paus Fransiskus mengusir seorang pendeta Chile, yang diselidiki dalam perkara pelecehan seksual terhadap anak-anak, kata media setempat, Sabtu, di tengah perkembangan pelecehan di dunia, yang mengguncang Gereja Katolik Roma.

Keuskupan Agung Santiago mengatakan, Paus memutuskan memecat Pendeta Cristian Precht, kata harian setempat El Mercurio, seperti dikutip dari Reuters.

Precht adalah mantan kepala kelompok hak asasi manusia Vikariat Kesetiakawanan Gereja, yang pada tahun 1980 menantang penguasa Augusto Pinochet mengakhiri penyiksaan Chile.

Pemimpin terkenal keagamaan Chile tersebut sejak saat itu dituduh melakukan pelecehan seksual sebagai bagian dari penyelidikan tuduhan terhadap anggota masyarakat keagamaan Marist Bersaudara.

Precht sebelumnya membantah tuduhan itu.

Pengumuman Paus Fransiskus itu keluar sesudah polisi Chile menggerebek kantor gereja di seluruh negara Andes tersebut untuk mencari perkara baru pelecehan seksual atau bukti bahwa pejabat gereja menutupi penyiksaan dari pihak berwenang.

Gereja Katolik di seluruh dunia terguncang akibat pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, yang sangat merusak kepercayaan kepada Gereja di Chile, juga di Amerika Serikat, Australia, dan Irlandia, yang paling terpukul skandal itu, dan di tempat lain.

Baca juga: Warga Chile desak Paus pecat uskup yang dituduh tutupi pelecehan seksual

(Uu.SYS/C/B002/C/E002)

 

Pewarta: -
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018