Jakarta (ANTARA News) - Square enix akan merilis sejumlah seri game "Final Fantasy" yang dianggap pertama kali untuk konsol Xbox One dan Nintendo Switch.

Game "Final Fantasy" tidak pernah diluncurkan untuk konsol game selain Sony Playstation, hingga sekarang. Ada sejarah panjang mengapa pengembang  game itu memutuskan hal tersebut, dan alasannya dibahas secara singkat oleh editor senior Eurogamer Imran Khan.

Dalam akun resminya di twitter, Imran menjelaskan alasan pengembang "Final Fantasy" pernah mengalami kerugian dan bagaimana mereka menyerahkan seri game tersebut menjadi aset utama Playstation. Demikian dilansir spieltimes.com, Minggu.

Squaresoft, pencipta awal seri "Final Fantasy", memiliki kontrak dengan Sony untuk mengembangkan beberapa judul game itu untuk Playstation secara eksklusif. 

Namun setelah Square melakukan merger dengan Enix dan membentuk Square Enix, kontrak tersebut berakhir. Hal ini juga memiliki kisah menarik di baliknya.

Semua diawali dengan kegagalan film "Final Fantasy: The Spirits Within", sebuah film CGI produksi tahun 2001 yang menerima penilaian sangat buruk dan dikecam oleh penonton.

Usai kegagalan tersebut, Squaresoft berada di tubir jurang kebangkrutan dan pada momen itulah Sony datang sebagai penyelamat.

"Alasan atas hal ini karena setelah 'The Spirits Within', Sony menyelamatkan Squaresoft dengan membeli 18 persen sahamnya. Sony menjual saham itu pada 2014, namun saat itu Wii U tetaplah Wii U dan Xbox One tampak kebingungan. Switch merupakan peluang pertama untuk mencobanya," seperti di-tweet Imran.

Seperti diperkirakan banyak pihak, Squaresoft dilarang merilsi seri "Final Fantasy" untuk konsol selain Sony Playstation akibat kontrak eksklusif. 

Squaresoft kemudian mendirikan sebuah anak perusahaan bernama The Game Designer Studio untuk menghadapi masalah tersebut.

Namun, setelah Square mengakuisisi produsen video game Jepang lainnya yakni Taito, Game Designer Studio kemudian ditutup.

"Tidak ada yang pernah mengonfirmasikan hal ini, namun setelah 20 tahun dan untuk pertama kalinya game-game Playstation 1 tersebut dirilis bagi platform-platform lainnya," tulis Imran.

"Final Fantasy VII", "Final Fantasy IX", "Final Fantasy X", "Final Fantasy X-2", dan "Final Fantasy XII" akan diluncurkan untuk platform Switch dan Xbox One pada 2019.


 

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018