Jakarta (ANTARA News) - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) mengumumkan lima mobil terbaik sebagai finalis dalam penghargaan "Forwot Car of the Year (FCY) 2018".

Lima mobil itu dipilih para wartawan otomotif Indonesia dari 23 mobil terbaru baru -- bukan minor change, major change atau penambahan varian -- dari pabrikan Jepang, Korea, Amerika, hingga Eropa yang memasarkan kendaraannya di Indonesia periode Agustus 2017 - Juli 2018.

Pada penilaian tahap pertama yang melibatkan seluruh anggota Forwot, telah menghasilkan lima finalis antara lain DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, dan Wuling Cortez.

Penghargaan ini diselenggarakan guna memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah ditentukan, dengan meninjau dan menimbang berbagai aspek dari setiap kendaraan tersebut.

Adapun proses penjurian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe (www.caroftheyear.org) yang dipakai dalam pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Tanah Air.

"Dalam pemilihan 'Forwot Car of the Year 2018' ada beberapa catatan menarik. Pertama, dua brand asal China untuk pertama kalinya masuk dalam daftar finalis. Kedua, lima finalis juga menggambarkan pasar Indonesia yaitu MPV (3 model) dan SUV (2 model)," kata Wakil Ketua Umum Forwot Zainal Abidin melalui keterangan tertulisnya, Senin.

Zainal mengatakan, jumlah mobil baru yang masuk kategori penilaian turun dari 32 model pada tahun 2017 menjadi 23 model pada tahun ini.

"Hal tersebut menunjukkan kondisi pasar Indonesia yang masih kurang bergairah,” kata dia.

Satu mobil terbaik

Penjurian akan memasuki tahap menentukan satu mobil terbaik, kemudian diumumkan pada gelaran Forwot Car of the Year 2018 pada 28 September 2018 di Jakarta.

"Pada Forwot Car of the Year 2018 kami melibatkan partisipasi seluruh anggota Forwot untuk memberikan penilaian, tidak hanya terbatas pada panel juri. Hal ini diharapkan bisa memberikan penilaian yang lebih beragam dan komprehensif," kata Ketua Dewan Juri Raju Febrian.

Mekanisme penilaiannya adalah, pertama menjaring 23 model baru yang meluncur pada periode Agustus 2017 - Juli 2018, kemudian anggota Forwot memilih lima mobil terbaik yang disaring menjadi lima finalis

Lima finalis akan dipilih kembali oleh satu panel juri berdasarkan voting. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada para finalis.

"Forwot Car of the Year" merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang telah dilaksanakan sejak 2009.

Kriteria penjurian adalah desain, kenyamanan, keamanan, ekonomi, handling, performa, fungsionalitas, lingkungan, kepuasan pengendara dan harga.

Baca juga: Cara Forwot pacu kreatifitas dan sikap kritis wartawan

Baca juga: Forwot kampanyekan keselamatan berlalu-lintas
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018