counter

Aktris ternama China, Fan Bingbing tiba-tiba hilang

Aktris ternama China, Fan Bingbing tiba-tiba hilang

Aktris asal China, Fan Bingbing (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Aktris asal China, Fan Bingbing diduga hilang, bahkan dia terakhir update di media sosial pada 1 Juli lalu dan sampai kini tidak ada aktivitas sama sekali. 

Beberapa tahun belakangan, Fan Bingbing tidak pernah absen di berbagai acara red carpet film festival dan catwalk mode dari Barcelona sampai Busan. Namun tiba-tiba, sekarang tidak ada kabar sama sekali tentang dirinya.

Para penggemarnya mulai curiga jika Fan Bingbing hilang dari kehidupan publik. Fan terakhir terlihat pada 1 Juli saat mengunjungi rumah sakit anak-anak. Akun jejaring sosialnya, Sina Weibo yang begitu populer di China sudah tidak aktif sejak 23 Juli. Fan sendiri memiliki pengikut sebanyak 63 juta.

Banyak yang berspekulasi jika hilangnya Fan terkait dengan dugaan skandal pajak. Sebab, dia adalah salah satu aktris yang berpenghasilan tinggi. Pemerintah China mengontrol industri film di sana dengan memangkas anggaran dan mengawasi para aktris blockbuster.

Jika hal itu benar, maka karir Fan sebagai superstar akan berbalik dengan cepat. Fan sendiri menjadi salah satu aktris dengan prestasi gemilang sebagai aktris dan ikon mode. Sebuah laporan berita di China juga sempat menyebutkan jika aktris yang masuk TIME 100 tahun 2017 itu, berada di bawah pengawasan. Tapi seperti Fan, laporan tersebut juga segera menghilang.

Bintang yang sedang naik daun

Fan yang berusia 36 tahun menjadi salah satu bintang crossover terbesar di dunia. Dia adalah seorang workaholic yang lahir di China, fasih berbahasa Inggris dan memiliki kemampuan dalam berakting, bernyanyi serta modeling

Fan mulai dikenal di China pada tahun 1999 lewat serial TV "My Fair Princess". Namun namanya melejit lewat film "Cell Phone" tahun 2003. Film tersebut merupakan film dengan penghasilan tertinggi dan Fan meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Hundred Flowers Awards yang setara dengan China Golden Globes.

Fan menang lagi pada tahun 2008 dan mulai mengambil peran utama dan meraih penghargaan dari festival film internasional mulai dari Taiwan, Tokyo dan San Sebastian. Menurut Forbes, tahun 2016 Fan memperoleh penghasilan sebesar 17 juta dolar AS (Rp253,2 miliar). Ini membuat Fan menjadi aktris dengan bayaran tertinggi kelima di dunia. Tahun berikutnya, dia duduk sebagai juri dalam Festival Film Cannes.

Fan juga pernah bermain dalam film "X-Men: Days of Future Past", "Iron Man 3". Perannya sebagai Blink, sangat efektif mendongkrak "X-Men" di China. Awal tahun ini, dia juga bermain dalam "355". "Dalam waktu 10 tahun, saya yakin saya akan menjadi pahlawan wanita dari X-Men," ujar Fan kala itu seperti dilansir TIME, Senin.

Sedikit skandal

Skandal Fan mulai terungkap ketika presenter  CCTV, Cui Yongyuan pada bulan Mei membocorkan sepasang kontrak yang diduga Fan menggandakan tagihan produksi film yang tidak terindentifikasi. Pertama untuk 10 juta renminbi (1,6 juta dolar AS) dan 50 juta renminbi (7,8 juta dolar AS) untuk pekerjaan yang sama.

Dokumen-dokumen ini dikenal dengan Yin-Yang kontrak, di mana satu kontrak mencerminkan penghasilan aktual aktor dan kontrak lainnya merupakan angka yang lebih rendah. Di bulan Juni, Administrasi Perpajakan Provinsi Jiangsu membuka penyelidikan penggelapan pajak yang fokus pada industri hiburan. 
 
Kurangnya pernyataan resmi tentang keberadaan Fan telah memunculkan spekulasi bahwa dia dilarang berkegiatan atau ditempatkan di bawah tahanan rumah.

Sebuah kisah peringatan

Teori lain yang memungkinkan hilangnya Fan adalah bahwa tahun lalu dia mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap miliader China, Guo Wengui yang telah menuduhnya memiliki hubungan perselingkuhan antara selebriti termasuk Fan dan pejabat Partai Komunis China. Ketika kontrak Yin-Yang  Fan terungkap, Fan sedang syuting sekuel "Cell Phone". Presenter CCTV tersebut mengungkap bahwa Fan tidak nyaman dengan kehidupan pribadinya yang terungkap.
 

Penerjemah: Maria Cicilia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar