Yogyakarta (ANTARA News) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mengajak ratusan delegasi dari berbagai negara untuk berwisata menikmati pemandangan alam dan kebudayaan masyarakat yang tinggal di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) binaan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sekitar kaki Candi Borobudur.

"Peran Kowani adalah mengajak mereka (tamu asing) datang ke Balkondes BUMN dan memperkenalkan kawasan itu sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi jika lain waktu mereka datang kembali ke Indonesia," kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Kowani, Hadriani Ulli Silalahi saat ditemui di sela kegiatan Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan Internasional (ICW) di Yogyakarta, Senin.

Ia menjelaskan, harapannya bahwa ratusan delegasi ICW yang akan menginap di Balkondes dapat menceritakan pengalamannya berwisata di desa itu ke keluarganya, temannya, ataupun rekan kerja mereka di negara masing-masing.

"Kunjungan ke Balkondes merupakan salah satu upaya promosi wisata," kata Ulli.

Sebanyak 128 delegasi ICW dari berbagai negara akan menikmati paket wisata ke sejumlah desa wisata binaan BUMN yang terletak di sekitar Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dari jumlah itu, 41 peserta merupakan wakil ICW dari Indonesia, dan 87 sisanya adalah tamu asing dari Bangladesh, Prancis, Korea Selatan, Selandia Baru, Belgia, Italia, Taiwan, India, Australia, Turki, Kanada, Belanda, Swiss, Lebanon, Afrika Selatan, Finlandia, Guatemala, Filipina, Singapura, Amerika Serikat, Nigeria dan Malta.

Sejumlah BUMN telah menyiapkan sejumlah desa untuk diproyeksikan sebagai wisata melalui program Balkondes.

Beberapa desa di Magelang yang telah mengikuti program Balkondes diantaranya Karangrejo (Perusahaan Gas Negara), Karanganyar (Bank BTN), Ngadiharjo (Perusahaan Listrik Negara), Candirejo (Semen Indonesia), Bumiharjo (PT Pembangunan Perumahan), Sambeng (Pupuk Indonesia), Kenalan (Bank Mandiri), Borobudur (Taman Wisata Candi), Wringinputih ( PT Pertamina), Wanurejo (Bank BNI), Bigaran (Angkasa Pura I), Kebonsari (Hutama Karya), Tuksongo (Telkomsel), dan Ngargogondo (Pegadaian).

Desa lain yang mengikuti program pembinaan wisata dari BUMN, antara lain, Tegalarum (Angkasa Pura II), Tanjungsari (Bank BRI), Giripurno (PT Perkebunan Negara III), Kembanglimus (PT Patra Jasa), Giritengah (Jasa Raharja), dan Majaksingi (Jasa Marga).

Menteri BUMN Rini Soemarno sebelumnya menyatakan sejumlah Balkondes di Kabupaten Magelang siap menerima ratusan delegasi ICW untuk berkunjung, bahkan menginap di desa tersebut.

"Ada 18 Balkondes yang sudah menyediakan kamar, satu desa rata-rata menyiapkan 10-20 kamar, total ada 200 kamar," kata Rini saat berkunjung ke Balkondes di Magelang, pada Kamis (13/9)

Kunjungan ke Balkondes yang rencananya berlangsung pada 18-20 September merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kowani bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan didukung penuh oleh 35 perusahaan plat merah di Indonesia.

Baca juga: Menteri BUMN perkenalkan Balkondes kepada delegasi ICW
Baca juga: Menteri BUMN: Balkondes siap terima delegasi ICW
Baca juga: Kampung "homestay" Borobudur resmi diluncurkan

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018