Hasrat para pemain sangat tinggi untuk meraih kemenangan. Itu juga yang menjadi suntikan motivasi mereka dalam pertandingan hari ini sehingga berhasil meneruskan tren positif. Anak-anak bermain lebih baik dibandingkan laga sebelumnya
Jakarta (ANTARA News) - Tingginya hasrat untuk menang menjadi motivasi tim nasional sepak bola U-16 putri Indonesia hingga berhasil menaklukkan Kirgistan dengan skor 3-0 dalam putaran pertama Kualifikasi Piala U-16 Putri Asia 2019 di Kirgistan, Senin, kata pelatih Indonesia Rully Nere.

Itu menjadi kemenangan kedua Indonesia di Grup D setelah sebelumnya menaklukan Palestina 3-2.

"Hasrat para pemain sangat tinggi untuk meraih kemenangan. Itu juga yang menjadi suntikan motivasi mereka dalam pertandingan hari ini sehingga berhasil meneruskan tren positif. Anak-anak bermain lebih baik dibandingkan laga sebelumnya," ujar Rully, dikutip dari laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Senin.

Timnas U-16 putri Indonesia memang tampil apik kala menghadapi tuan rumah Kirgistan. Sempat kesulitan membongkar pertahanan lawan nyaris sepanjang babak pertama, Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan melalui gol Sheva Imut di menit ke-44.

Gol itu menjadi penyemangat di babak kedua, di mana tim berjuluk Garuda Pertiwi menorehkan dua gol tambahan masing-masing dari Firanda di menit ke-55 dan Sheva, yang membuat gol keduanya di laga itu, pada menit ke-62.

"Babak pertama kami akui agak sulit membongkar pertahanan lawan, celah kosong di menit akhir babak ini dimanfaatkan betul oleh Sheva. Kami baru bisa bangkit kembali dan meraih dua gol lagi di babak kedua. Saya katakan anak-anak untuk tetap bermain tenang dan minimalkan kesalahan," tutur Rully.

Sementara bagi Sheva, dua gol di partai melawan Kirgistan berarti dirinya sudah menorehkan tiga gol karena dirinya membuat satu gol kala bersua Palestina.

Namun, Sheva mengaku tidak terobsesi dengan pencapaian individualnya tersebut.

"Saya senang dengan kemenangan ini, saya tidak terpikir ingin menargetkan gol seberapa banyak. Yang saya inginkan adalah bisa terus membuat gol agar tim ini bisa menang dalam setiap laganya," kata dia.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi laga ketiganya di Grup D menghadapi Australia pada Rabu (19/9). Sebagai informasi, di Grup D, Indonesia bersaing dengan Palestina, Kirgistan, Australia dan Taiwan.

Adapun jika ingin lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala U-16 Putri Asia 2019, Indonesia setidak-tidaknya harus bertengger di posisi kedua atau "runner up" grup.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018