BPJS Kesehatan sediakan layanan di KUA

BPJS Kesehatan sediakan layanan di KUA

Arsip Foto. Petugas melayani warga di kantor Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan menyediakan layanan pendaftaran dan pembayaran Mobile Customer Service (MCS) di sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA) di Yogyakarta.

"Jika sebelumnya MCS hadir di pasar-pasar, maka khusus di bulan September, MCS menyapa masyarakat di Kantor Urusan Agama," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti di Yogyakarta, Selasa.

Hesti menjelaskan bahwa selama September pelayanan difokuskan di KUA Kecamatan Tegalrejo, KUA Kecamatan Wirobrajan, KUA Kecamatan Mergangsan dan KUA Kecamatan Umbulharjo pada hari Kamis pukul 08.00-12.00 WIB.

BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta juga menyediakan pelayanan di Gereja Katholik Santo Antonius setiap Minggu pukul 07.00-11.00 WIB selama September.

"Pelayanan MCS ini sama dengan pelayanan administrasi di kantor cabang. Mulai dari pendaftaran peserta, perubahan data peserta hingga pembayaran iuran," kata dia.

Hesti mengatakan penyediaan layanan MCS di KUA hingga Gereja ditujukan untuk memudahkan warga yang ingin menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Tempat pelayanan publik seperti KUA dan gereja kan pasti sering dikunjungi masyarakat. Bagi yang belum terdaftar bisa mendaftar, bagi yang belum bayar iuran bisa juga bayar di MCS. Atau bagi yang sudah terdaftar dan ingin tahu lebih banyak tentang JKN-KIS kami siap membantu," katanya.

Hingga 31 Juli 2018, menurut Hesti, kepesertaan program BPJS Kesehatan sudah mencakup 91,62 persen warga Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: Yogyakarta akan punya peta kesehatan keluarga
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Jokowi sebut BPJS Kesehatan defisit karena salah kelola

Komentar