Jakarta (Antara/JACX) - Sebuah dokumen yang mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) beredar di tengah masyarakat, beberapa hari menjelang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 pada 19 September.

Dokumen yang  menyertakan logo resmi Kementerian PANRB tersebut memuat poin-poin seleksi kompetensi dasar calon pegawai, tautan delapan naskah tes CPNS, dan tata cara pendaftaran.

Klaim: Dokumen "materi seleksi CPNS" tersebut dikeluarkan oleh Kementerian PANRB.

Rating: Salah/Disinformasi
 
Hasil tangkap layar dokumen yang mengatasnamakan Kementerian PANRB (Twitter@kemenpanrb)
 

Kementerian PANRB membantah menerbitkan dokumen yang berisi materi seleksi CPNS tersebut. 

Dalam akun resminya di Twitter @kempanrb, disebutkan bahwa dokumen itu dibuat dengan mengatasnamakan dan menggunakan logo kementerian sehingga seolah-olah resmi dikeluarkan oleh Kementerian PANRB.

"Melalui ini kami menegaskan bahwa dokumen tersebut bukan terbitan Kementerian PANRB," demikian seperti dikutip dari akun @kempanrb, yang dipantau JACX di Jakarta, Selasa.

Kementerian PANRB pun menyatakan bahwa informasi resmi mengenai seleksi CPNS 2018 akan dikeluarkan melalui akun resmi Kementerian PANRB, baik melalui website dan media sosial. 

"Kami imbau agar masyarakat tidak percaya dengan modus penipuan yang mengatasnamakan Kementerian PANRB," tulis @kemenpanrb.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 mulai dibuka pada 19 September melalui portal nasional via sscn.bkn.go.id.

Total formasi yang tersedia yakni 238.015, terdiri dari 51.271 formasi yang ditempatkan di instansi pemerintah pusat, sementara sisanya 186.744 formasi di instansi pemerintah daerah.

Cek fakta: Pendaftaran CPNS lewat portal sscn.bkn.go.id, dimulai 19 September
 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2018