Jakarta (ANTARA News) - Mobil adalah kendaran yang digandrungi pada saat ini, karena kenyamanan dan keunggulannya dibandingkan sepeda motor, sehingga banyak pengguna mobil rela mengeluarkan uang banyak untuk membuat mobilnya terlihat seperti baru setiap harinya dengan melakukan coating pada bagian body dan mesin.

Tahukah Anda jika setelah coating mobil harus tetap dijaga dan dirawat?

Banyak konsumen di Indonesia tidak tahu, sehingga setelah melakukan coating mereka membiarkan mobilnya tanpa melakukan perawatan setelahnya.

Berikut ini adalah tips bagi para pecinta mobil dari Makko Group agar mobil kesayangan tetap terlihat baru setiap harinya;

Lakukan perawatan
Perawatan setelah melakukan coating sangat dianjurkan untuk menjaga warna kilap dari mobil anda tetap terjaga, selain itu perawatan juga ditujukan untuk mengangkut sisa bintik bintik air, sisa jamur lalu polusi. Dirawat dengan obat obat yang dianjurkan untuk itu semua.

Pencucian berkala
Penggunaan mobil yang hampir setiap hari, membuat mobil Anda semakin cepat terlihat kusam dan kotor, maka dianjurkan minimal melakukan pencucain mobil dua hari sekali tanpa menggunakan shampo atau cuci cepat dan melakukan perawatan pencucain mobil seminggu sekali dengan shampo dan perawatan lainnya.

Baca juga: XTO Car Care membantu untuk merawat kendaraan

Penggunaan shampo
Melakukan pencucian mobil tanpa shampo memang tidak selalu dianjurkan, namun jangan asal sembarangan memakai shampo, karena pada mobil itu pada dasarnya tertempel minyak, sedangkan minyak itu tidak bisa hilang hanya dengan air, karena berbeda sifatnya. Maka dari itu butuh shampo untuk mencuci mobil kita minimal seminggu sekali. Shampo dengan PH tinggi itu sangat bahaya untuk kualitas cat mobil, shampo yang baik untuk mencuci mobil itu PH-nya 12.

Menggunakan air PDAM
Air salah satu faktor yang berpengaruh untuk mencuci mobil Anda, air yang bagus kadarnya adalah air PDAM, tidak dianjurkan untuk menggunakan air keran karena kadar besi yang terlalu banyak sehingga berbahaya untuk cat mobil kendaraan Anda yang sudah di-coating maupun yang tidak.

Pemakaian lap
Lap juga sangat berpengaruh untuk kebersihan pada body dan mesin kendaraan Anda, dengan cara melap yang tidak benar akan menimbulkan goresan di body maupun pada kaca mobil Anda sehingga akan sia-sia uang yang sudah dikeluarkan untuk melakukan perawatan mobil. Disarankan menggunakan lap berbeda pada panel atas dan bawah kaca dan body karena untuk menghindari efek baret, kalau baret di body mungkin masih bisa diakali, tetapi kalau sudah di kaca itu sulit dan juga bisa menggangu pandangan saat berkendara.

Mesin
Bagian mesin dalam dunia auto detailing adalah salah satu yang sangat vital, karena kalau pada yang lain ada kesalahan masih bisa dibetulkan, namun jika merawat mesin sudah salah, computerized bisa rusak semua. Jangan menyemprot mesin dengan air berkekuatan penuh, itu sangat tidak dianjurkan, begitu juga dengan menyiramkan langsung air ke mesin. Hanya diperbolehkan disikat tipis tipis dan menggunakan cairan pembersih yang kuat, juga untuk merawat mesin agar tetap terjaga kebersihannya. Bisa juga menggunakan vitamin engine.

Baca juga: Tips berpergian menggunakan mobil bersama hewan peliharaan

Baca juga: Tips membeli mobil bekas bagi pemula
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018