Asian Para Games 2018

Kemensos siapkan 10 mobil akses disabilitas APG

Kemensos siapkan 10 mobil akses disabilitas APG

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memotong pita meresmikan mobil aksesibilitas penyandang disabilitas di Jakarta, Rabu (19/9/2018). Mobil tersebut untuk mendukung perhelatan Asian Para Games yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta  (ANTARA News) - Kementerian Sosial menyiapkan 10 unit mobil akses penyandang disabilitas untuk mendukung penyelenggara ajang olahraga tingkat Asia bagi penyandang disabilitas, Asian Para Games 2018.

"Kami targetkan mobil ramah disabilitas 10 unit, sekarang baru tersedia enam unit," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita pada peresmian mobil akses disabilitas di Jakarta, Rabu.

Di sela-sela sosialisasi Asian Para Games 2018, usai memotong pita, Mensos sempat menguji coba fasilitas mobil akses disabilitas.

Agus mengatakan kementerian yang dipimpinnya menyiapkan anggaran sebesar Rp7,5 miliar untuk mendukung ajang olah raga tersebut.

Anggaran tersebut selain untuk penyediaan mobil akses disabilitas juga untuk penyelenggara beberapa kegiatan pendukung Asian Para Games seperti pelatihan koordinator relawan sebanyak 300 orang.

Kemensos juga menfasilitasi 2.000 hingga 3.000 tiket gratis setiap hari kepada para penyandang disabilitas di Jakarta dan sekitarnya untuk menonton dan memberikan semangat para atlet.

Selain tiket gratis, Kemensos juga menyediakan transportasi untuk memobilisasi para penyandang disabilitas ke arena pertandingan dan menyiapkan makan siang bagi mereka.

Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018 yang akan diikuti 3.000 atlet dari 43 negara dan 18 cabang olahraga.

INAPGOC juga menyiapkan 8.000 relawan untuk mendampingi para atlet dan pendamping atlet guna kelancaran Asian Para Games.

Baca juga: Persiapan Asian Para Games capai 95 persen
Baca juga: Mensos: Indonesia targetkan tujuh besar prestasi APG

 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar