Liga Champions

Hoffenheim bawa pulang satu poin dari kandang Shakhtar

Hoffenheim bawa pulang satu poin dari kandang Shakhtar

Para pemain TSG Hoffenheim merayakan gol Florian Grillitsch (kanan) ke gawang Shakhtar Donetsk dalam laga penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Mettalist, Donetsk, Ukraina, Rabu (19/9/2018) setempat. (twitter.com/ChampionsLeague)

Jakarta (ANTARA News) - TSG Hoffenheim mengawali penyisihan Grup F Liga Champions dengan membawa pulang satu poin dari kandang Shakhtar Donetsk setelah bermain imbang 2-2 di Stadion Metalist, Donetsk, Ukraina, Kamis dini hari WIB.

Hoffenheim yang sempat unggul 2-1 hingga babak pertama usai lewat gol dari Florian Grillitsch dan Havard Nordtveit harus merelakan dua poin lepas dari genggaman mereka ketika pemain pengganti Maycon mencetak gol penyama kedudukan bagi tuan rumah.

Hoffenheim yang mengambil inisiatif serangan di awal laga membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan enam menit.

Berawal dari penguasaan bola yang baik di lapangan tengah, Leonardo Bittencourt melepaskan umpan terobosan dan Grillitsch yang tiba lebih awal segera menyontek bola melewati penjaga gawang Andriy Pyatov yang keluar meninggalkan sarangnya.

Hoffenheim hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit 16, namun Pyatov kali ini cukup sigap menghalau bola voli sepakan Adam Szalai.

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan pada menit 27 lewat aksi individual Ismaily yang menyisir sisi sayap sebelum menusuk ke dalam dan melepaskan tendangan mendatar ke area tiang jauh tak terjangkau kiper Oliver Baumann.

Tim tamu yang terus menekan menjawab gol tersebut berhasil merestorasi keunggulan mereka ketika dalam situasi sepak pojok Pyatov gagal mengantisipasi bola dan Nordtveit yang berdiri bebas menanduknya ke dalam gawang yang tak bertuan demi mengubah kedudukan menjadi 2-1 bagi Hoffenheim pada menit 38.

Baca juga: Tagliafico sumbang dua gol saat Ajax hancurkan AEK 3-0

Pada menit 60, Victor Kovalenko berhasil menyarangkan bola ke gawang Hoffenheim namun gol tersebut dianulir lantaran ia terlebih dulu berada dalam posisi offside ketika menerima umpan terobosan kiriman Moraes.

Shakhtar yang kian agresif akhirnya berhasil memperoleh gol kedua mereka di laga tersebut ketika Maycon, yang baru masuk pada menit 76, melepaskan tembakan dari luar kotak penalti menerobos kerumunan pemain sebelum melesak ke dalam gawang menyamakan kedudukan 2-2 pada menit 81.

Tuan rumah hampir saja memastikan kemenangan tepat pada pengujung waktu normal namun tembakan Marlos masih berhasil digagalkan penyelamatan penting Baumann, memaksa pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Baca juga: Pratinjau Grup E - Panggung pembuktian dominasi Muenchen

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Bogdan Butko, Davit Khotcholava, Yaroslav Rakitskiy, Ismaily; Taras Stepanenko, Alan Patrick (Maycon); Marlos, Taison, Sergiy Bolbat (Victor Kovalenko); Moraes
Pelatih: Paulo Fonseca

TSG Hoffenheim (5-3-2): Oliver Baumann; Pavel Kaderabek, Havard Nordtveit, Kevin Vogt, Stefan Posch, Nico Schulz; Leonardo Bittencourt (Kerem Demirbay), Florian Grillitsch, Andrej Kramaric (Reiss Nelson); Joelinton, Adam Szalai (Steven Zuber)
Pelatih: Julian Nagelsmann

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup C, drama di Anfield jadi menu pembuka

Pewarta: Antara
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar