Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 Tahun 2018 tentang Pengamanan dan Pengawalan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

Pertimbangan Perpres ini menyebutkan bahwa calon presiden dan wakil presiden perlu mendapat pengamanan dan pengawalan secara profesional  sejak penetapan sampai dengan pengumuman calon presiden dan wakil presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pengamanan dan pengawalan calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, demikian bunyi Perpres yang dikutip dari Setkab.go.id, Kamis.

"Dalam hal presiden dan wakil presiden menjadi calon presiden atau calon wakil presiden, pengamanan dan pengawalan tetap diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 2 ayat (2) Perpres yang ditandatangani Presiden per 19 September 2018 ini.

Perpres ini menyebutkan pengamanan calon presiden dan calon wakil presiden meliputi: a. pribadi calon presiden dan calon wakil presiden; b. istri atau suami calon presiden dan calon wakil presiden; c. kediaman dan penginapan yang digunakan calon presiden dan calon wakil presiden; d. tempat kegiatan, acara, dan instalasi lain yang dihadiri oleh calon presiden dan calon wakil presiden; e. makanan dan medis; dan f. kendaraan yang digunakan oleh calon presiden dan calon wakil presiden.

Adapun pengawalan calon presiden dan calon wakil presiden meliputi: a. pribadi calon presiden dan calon wakil presiden; b. istri atau suami calon presiden atau calon wakil presiden; dan c. kendaraan yang digunakan oleh calon presiden dan wakil presiden.

Sedangkan pengamanan dan pengawalan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dilakukan oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

"Ketentuan lebih lanjut mengenai pedoman teknis pelaksanaan pengamanan dan pengawalan calon presiden dan calon wakil presiden diatur dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia," bunyi Pasal 7 Perpres ini.

Pengamanan dan pengawalan calon presiden dan wakil presiden, menurut Perpres ini, dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Bagian Anggaran Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sedangkan pengamanan dan pengawalan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Bagian Anggaran Kementerian/Lembaga Negara terkait.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,"  bunyi Pasal 10 Perpres yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 19 September 2018.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018