Cianjur tidak dapat formasi CPNS

Cianjur tidak  dapat formasi CPNS

Calon pegawai negeri sipil (CPNS) memainkan angklung seusai mendengarkan kuliah umum Presiden Joko Widodo di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Cianjur  (ANTARA News) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, dipastikan tidak mendapat formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 karena pelaksanaan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (AKB) belum selesai.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cianjur, Tohari Sastra kepada wartawan, di Cianjur, Kamis, mengatakan belum terselesaikannya Anjab dan AKB membuat Cianjur tidak bisa memastikan kuota kebutuhan PNS.

"Akhir 2018, pemerintah pusat membuka pendaftaran penerimaan CPNS sebanyak 100 ribu, namun Kabupaten Cianjur belum bisa mengusulkan formasi karena belum selesainya Anjab dan ABK yang diperkirakan baru tuntas akhir September 2018," katanya.

Namun, Pemkab Cianjur akan mengusulkan formasi CPNS di 2019, setelah analisis selesai, termasuk berapa jumlah kebutuhan PNS dan jabatan apa saja yang dibutuhkan akan terdeteksi.

"Pelaksanaan kajian atau analisis melibatkan pihak ketiga, setelah selesai hasilnya dikirimkan ke Kemenpan-RB dan diusulkan formasi ke BKN," katanya.

Ia menyatakan, jumlah PNS di Cianjur saat ini sebanyak 12.600 orang dikurangi 508 orang PNS yang akan pensiun pada 2018, sehingga Cianjur sangat membutuhkan tambahan PNS, terutama tenaga guru dan kesehatan yang hingga saat ini masih sangat kurang.

Pihaknya juga mengimbau agar warga waspada terhadap kasus penipuan dari pihak yang mengaku-ngaku dapat meloloskan warga menjadi PNS. Sebab pada 2018 Cianjur tidak medapat formasi CPNS. Pihaknya sudah banyak mendapat laporan soal penipuan tersebut.

"Jangan percaya pada oknum yang dapat meloloskan warga yang berminat menjadi PNS karena pendaftaran dan prosesnya dilakukan secara online terbuka. Sejak beberapa waktu terakhir banyak laporan yang kami terima terkait penipuan CPNS," katanya.

Baca juga: Kementerian Ketenagakerjaan buka 241 formasi CPNS 2018
Baca juga: Kemendikbud buka pendaftaran CASN 115 unit kerja


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemkot Ambon gelar tes SKB CPNS dengan protokol kesehatan ketat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar