Sapporo (ANTARA News) - Percobaan mengantar koran menggunakan drone dilakukan di Hokkaido, Jumat (21/9), yang dilanda gempa bumi awal bulan ini, dengan tujuan memberikan berita pada orang-orang yang terkena musibah.

Sebuah drone yang membawa 10 koran Hokkaido Shimbun diterbangkan sekitar 200 meter menyeberangi sungai dalam waktu satu menit di kota Asahikawa di bawah skenario gempa bumi besar telah merusak jembatan dan memutus jalan.

Prefektur paling utara di Jepang itu diguncang gempa bumi berkekuatan 6,7 pada 6 September yang memicu tanah longsor yang menelan rumah-rumah dan memutus akses jalan-jalan di sebagian area.

Pemadaman listrik akibat gempa juga membuat banyak orang tidak bisa mengakses infomrasi lewat televisi dan perangkat digital.

"Kami senang bisa sukses mengantarnya, karena koran adalah infrastruktur informasi yang diperlukan ketika sesuatu yang drastis terjadi," kata Takuma Banno, kepala distribusi Hokkaido Shimbun di Sapporo seperti dikutip dari Kyodo.

Ujicoba itu direncanakan sebelum gempa, tepatnya pada Mei silam.

Ke depannya, ada juga rencana untuk mengeksplorasi kemungkinan mengantar korean secara otomatis dengan memanfaatkan drone.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018