New York (ANTARA News) - Bob Dylan untuk pertama kalinya akan merilis lagu-lagu yang direkam di studio tapi tak dimasukkan ke album klasik 1974 "Blood on the Tracks" yang sudah lama diincar para kolektor.

Proyek bersejarah terbaru dari peraih Nobel itu, dengan judul "Bob Dylan -- More Blood, More Tracks-- The Bootleg Series Vol.14", akan rilis pada 2 November dalam satu CD atau dua LP, kata label Dylan, Kamis waktu setempat.

Dikutip dari AFP, "Blood on the Tracks" masuk dalam daftar album terbaik sepanjang masa versi kritikus, dan dianggap jadi awal mula dari gaya menulis lagu konvensional dengan gitar folk yang tumbuh menjadi genre tersendiri.

Ditulis saat Dylan berpisah dari istri pertamanya Sara, "Blood on the Tracks" menghadirkan cerminan pribadi dari sang penyanyi yang telah diamati publik selama satu dekade, meski Dylan menolak untuk mendeskripsikan asal-usul lagu-lagu itu.

Dylan merekam album itu di New York, sebagian kopinya sudah didistribusikan di dalam industri ketika dia memutuskan bahwa dia harus menyempurnakan musik dan kembali ke kampung halaman di Minnesota untuk mengerjakannya lagi.

Rekaman dari New York itu jadi rebutan di kalangan kolektor. Koleksi itu untuk pertama kalinya akan menghadirkan seluruh rekaman dari New York, termasuk kesalahan musik dan candaan di studio.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018