Jayapura  (ANTARA News) - Gol penalti Hilton Mauro Moreira pada menit 67 membawa Persipura Jayapura mengalahkan Arema FC dalam lanjutan Liga I di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Gol penalti itu didapatkan setelah bek kanan Arema FC Alfian Tuasalamony tanpa sengaja menyentuh bola umpan silang yang pemain pengganti Persipura BV Telaubun dari sisi kanan pertahanan lawan.

Secara otomatis wasit Musthofa Umarela dari DKI Jakarta langsung menunjuk titik putih sebagai hukuman atas pelanggaran yang dibuat mantan pemain timnas U-23 asal Tulehu, Maluku.

Hilton yang menjadi algojo dari tim Mutiara Hitam dengan tenang melesakkan bola di sebelah kiri kiper Arema FC Utam Rusdian Arema yang bergerak ke kanan. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Jalannya pertandingan pada babak pertama, tim tuan rumah tidak terlalu banyak memliki peluang namun sebaliknya skuat tamu asuhan Petrovic Milan memiliki setidaknya lima peluang emas hanya saja tidak bisa dikonversi jadi gol.

Pada babak kedua, laga baru berjalan kira-kira semenit terjadi insiden antara Imanuel Wanggai dan Hendro Siswanto ketika dua pemain saling merebut bola atas. Kedua pemain tengah itu langsung jatuh terkapar dengan luka di bagian kepala.

Para pemain langsung mendekati kedua pemain, sementara pemain lainnya berteriak memanggil tim medis dan mobil ambulans.

Hendro Siswanto langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, sementara tukang angkut air tim juara liga empat kali, Imanuel Wanggai mendapatkan perban di kepala.

Usai itu, laga baru berjalan beberap menit, terjadi lagi insiden di pinggir lapangan tepatnya di bagian kanan luar pertahanan tim tamu. Ronaldo Rubenar Wanma, pemain depan Persipura yang mencoba mengiring bola dijatuhkan oleh Israel Wamiau sehingga wasit memberikan kartu kuning kedua untuknya, yang artinya kartu merah sebagai tanda harus ke luar dari laga tersebut.

Pelatih Persipura Amilton Da Silva Oliviera lalu mengganti sejumlah pemain dengan harapan bisa memaksimalkan keuntungan dari lawan yang bermain dengan 10 orang.

Terbukti, ketika umpan silang BV Telaubun yang masuk sebagai pemain pengganti, tanpa sengaja mengenai tangan pemain bertahan Arema FC.

Gol yang dicetak oleh Hilton pada menit 67 menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga yang disaksikan oleh 10 ribu lebih pasang mata di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Hingga penambahan waktu sebanyak enam menit, kedua tim tidak lagi menambah gol. Hanya menciptakan sejumlah peluang.

 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018