counter

NBA ikuti aturan global "shot clock"

NBA ikuti aturan global "shot clock"

NBA. (nba.com)

Jakarta (ANTARA News) - Dewan Gubernur NBA menyetujui perubahan peraturan pertandingan mengenai shot clock atau rentang waktu tembak, mengikuti aturan yang sudah berlaku diberlakukan Asosiasi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) sejak empat tahun silam.

Regulasi yang akan mulai diberlakukan di NBA 2018-2019 tersebut mengatur bahwa rentang waktu tembak akan berubah menjadi 14 detik setelah bola menyentuh keranjang, ketimbang 24 detik sebagaimana hingga musim lalu masih berlaku di NBA.

Selain setelah offensive rebound pantulan bola dari ring, shot clock juga akan dimulai kembali dari 14 detik jika tim bertahan didakwa foul maupun tim menyerang memperoleh bola lemparan ke dalam setelah situasi tembakan memantul ring.

Aturan itu sebelumnya sudah diberlakukan oleh FIBA untuk pertandingan bola basket internasional sejak 2014-2015, yang kemudian diadopsi WNBA pada 2016, NBA G-League 2016-2017 serta belakangan pada turnamen pramusim NBA Summer League 2018.

Selain perubahan tentang shot clock, dua aturan lain juga diubah yakni penyederhanaan aturan clear path foul serta pelebaran cakupan pelanggaran hostile act atau aksi perseteruan, demikian laman resmi NBA.

Baca juga: Kondisi Lebron James sempurna

Baca juga: NBA kurangi jatah "timeout"

Penerjemah: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar