Liga Spanyol

10 pemain Barcelona ditahan imbang Girona 2-2

10 pemain Barcelona ditahan imbang Girona 2-2

Penyerang Girona, Cristhian Stuani (tengah), bersama rekannya Marc Muniesa (kiri) dan Aleix Garcia merayakan gol ke gawang Barcelona dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol, Minggu (23/9/2018) setempat. (twitter.com/LaLigaEN)

Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan Liga Spanyol, Barcelona, harus puas dengan satu poin di tangan setelah ditahan imbang Girona 2-2 dalam laga pekan kelima di Stadion Nou Camp, Barcelona, Senin dini hari WIB.

Barcelona terpaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain di lapangan sejak pertengahan babak pertama setelah Clement Lenglet diganjar kartu merah oleh wasit Jesus Gil Manzano, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Spanyol.

Los Blaugranas saat itu tengah unggul satu gol atas Girona berkat gol Lionel Messi pada menit 19 yang menyontek bola umpan kiriman Arturo Vidal.

Girona hampir membalas pada menit 29 ketika Portu sukses melewati kiper Marc-Andre ter Stegen, namun bola tembakannya berhasil disapu Gerard Pique di hadapan garis gawang.

Di tengah keunggulan timna, Lenglet melakukan tindakan bodoh untuk menghentikan pergerakan Pere Pons di tepian kotak penalti pada menit 35.

Melihat hal itu, wasit diminta untuk menyaksikan rekaman asisten video wasit (VAR) dan memutuskan Lenglet pantas dijatuhi kartu merah.

Tim tamu mampu memanfaatkan dengan baik ketimpangan jumlah pemain dan menyamakan kedudukan pada menit 45 saat Cristhian Stuani sukses mengalahkan Pique dalam menyambut umpan silang kiriman Aday Benitez.

Baca juga: Ben Yedder trigol, Sevilla gulung Levante 6-2

Barcelona kembali menambal barisan pertahanan dengan memasukkan Samuel Umtiti menggantikan Ousmane Dembele pada waktu istirahat.

Namun, enam menit memasuki babak kedua Girona justru berbalik merebut keunggulan atas tuan rumah lagi-lagi lewat gol Stuani.

Percobaan tembakan Portu masih bisa dihalau Ter Stegen, namun tak sempurna dan bola muntah tepat di ruang tembak Stuani yang membawa Girona unggul 2-1 atas Barcelona pada menit 51.

Keadaan tersebut memaksa Ernesto Valverde melakukan pergantian pemain ganda, mengutus Ivan Rakitic dan Philippe Coutinho, masing-masing menggantikan Vidal dan Arthur.

Pada menit 60, Barcelona berkesempatan menyamakan kedudukan setelah Luis Suarez dilanggar di tepian kotak penalti, sayangnya eksekusi tendangan bebas Messi masih ditolak oleh mistar gawang.

Dua menit kemudian Barcelona kembali mendapat tendangan bebas, namun kali ini eksekusi Messi bisa dihalau kiper Bono.

Tuan rumah akhirnya sukses menyamakan kedudukan lewat situasi sepak pojok pada menit 63, setelah bola tembakan Suarez yang berusaha dihalau Bono malah melambung dan ditanduk oleh Pique ke dalam gawang.

Barcelona sebetulnya memiliki dua peluang untuk memastikan kemenangan sebelum laga usai, namun tembakan Suarez pada menit 80 dan Coutinho pada menit 88 masih meleset dari sasaran.

Kendati hanya memperoleh satu poin tambahan, Barcelona yang mengoleksi total 13 poin kembali ke puncak klasemen menggusur Real Madrid (13).

Pasalnya, meski kedua memiliki jumlah poin yang sama, Barcelona unggul dalam selisih gol.

Demikian juga Girona (7) yang kembali ke peringkat keenam setelah sempat tergusur para pesaingnya selama 24 jam.

Baca juga: Gol tunggal Asensio menangkan Madrid atas Espanyol

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Spanyol:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Samedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal (Ivan Rakitic), Sergio Busquets, Arthur (Philippe Coutinho); Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Samuel Umtiti)
Pelatih: Ernesto Valverde

Girona (5-3-2): Bono; Aday Benitez, Pedro Alcala, Bernardo Espinosa, Juanpe, Marc Muniesa; Alex Granell (Douglas Luiz), Pere Pons, Aleix Garcia (Borja Garcia); Portu (Seydou Doumbia), Cristhian Stuani
Pelatih: Eusebio Montilivi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar