Soba juga bisa jadi makanan penutup, simak resepnya

Soba juga bisa jadi makanan penutup, simak resepnya

Soba Dango (ANTARA News/ Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA News) - Siapa bilang soba cuma bisa diolah jadi mie? Ternyata soba juga bisa disajikan dalam bentuk makanan penutup yang manis dan menyegarkan. 

Masato Tsuki, Chef of Ambassador of the Mission of Japan to Asean, mengungkapkan resep soba dango dessert yang jadi salah satu sajian di pengenalan kuliner dan budaya makan Jepang, untuk memperingati 45 Tahun Kerja Sama Jepang dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Senin (24/9/2018).


Bahan:
Tepung soba
Tepung beras ketan (tepung mochi)
Gula
Air hangat
Kacang azuki (sejenis kacang merah berukuran kecil)
Buah-buahan sesuai selera


 


Cara membuat:
1. Campur tepung soba, tepung beras ketan dan gula dengan perbandingan 20:10:3. Tambah air hangat sedikit demi sedikit, aduk dan remas hingga adonan kenyal.

2. Potong adonan seukuran satu gigitan, masukkan ke air mendidih. Rebus 1-2 menit hingga bola-bola soba mengapung. Angkat, masukkan ke wadah berisi air dingin.

3. Cuci kacang azuki dengan air, rebus. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan. Ganti air dan rebus lagi kacang azuki sampai air mendidik. Kecilkan api, diamkan sampai kacang berbunyi. Setelah kacang lunak, tambahkan sejumput gula dan aduk rata, ulangi hingga 2-3 kali. Terakhir, tambah sedikit garam dan diamkan sampai kacang dingin. 

4. Bila akan dihidangkan, rebus dulu bola soba sebentar agar kembali empuk karena bola soba akan mengeras ketika dingin. Masukkan bola-bola soba dan potongan buah sesuai selera, tambahkan sup azuki.

Pewarta:
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar