Zico selamatkan Indonesia dari kekalahan melawan Vietnam

Zico selamatkan Indonesia dari kekalahan melawan Vietnam

Penyerang tim nasional sepak bola U16 Indonesia Amiruddin Bagus berusaha menendang bola dalam laga lanjutan Grup C Piala U-16 Asia 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (24/9/2018). (2018 Asian Football Confederation/AFC)

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Satu gol dari penyerang Sutan Zico menyelamatkan tim nasional sepak bola U-16 Indonesia dari kekalahan melawan Vietnam pada pertandingan Grup C Piala U-16 Asia 2018 yang berakhir imbang 1-1 di Kuala Lumpur, Senin.

Dalam laga yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, tersebut, gol Sutan Zico tercipta pada menit ke-50 dan berhasil menyamakan kedudukan setelah Vietnam unggul terlebih dahulu melalui gol Khuat Van Khang di menit ke-31.

Kemenangan itu membuat Indonesia masih berada di puncak klasemen sementara Grup C dengan mengumpulkan empat poin dari dua laga.

Adapun pada partai tersebut timnas U-16 Indonesia tidak diperkuat oleh sayap kiri andalan Mochmmad Supriadi, yang baru pulih dari cedera, sejak menit pertama.

Pelatih tim berjuluk Garuda Asia tersebut, Fakhri Husaini pun menugaskan Mochamad Yudha, yang biasa beroperasi di posisi bek kiri, menggantikan tugas Supriadi.

Sementara wilayah yang ditinggalkan Yudha diberikan kepada Muhammad Salman Alfarid.

Selebihnya, Fakhri tetap mempertahankan komposisi pemain yang sama seperti kala menghadapi Iran di laga perdana Grup C, Jumat (21/9) di mana Indonesia menang 2-0.

Indonesia pun menampilkan operan-operan pendek dan penguasaan bola menghadapi Vietnam. Namun, ternyata sang lawan sudah mengantisipasi hal itu.

Vietnam bermain disiplin dan menumpuk lima gelandang di lini tengah. Akibatnya, bola cenderung berkutat di tengah lapangan dan kedua tim jarang mendapatkan peluang berbahaya.

Satu-satunya sepakan tepat sasaran Indonesia di babak pertama tercipta di menit ke-14 melalui sepakan Amiruddin Bagus yang dapat ditahan kiper lawan Nguyen Duy Dung.

Vietnam yang lebih banyak bertahan akhirnya berhasil mencetak gol di menit ke-31. Khuat Van Khang berhasil mencetak gol melalui tendangan bebas yang dieksekusi dengan kaki kirinya. Skor menjadi 1-0.

Setelah itu, Indonesia mengganti strategi dengan memasukkan Hamsa Lestaluhu menggantikan Muhammad Salman. Namun, skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Indonesia kembali melakukan pergantian pemain demi menambah daya dobrak. Sutan Diego Zico masuk ke lapangan, menggantikan Amanar Abdillah.

Keputusan Fakhri ini terbukti tepat. Pada menit ke-50 atau setelah empat menit masuk lapangan, Sutan Zico menorehkan gol dan mencatatkan namanya di papan skor. Dia mencetak gol dengan kaki kirinya usai menerima umpan mendatar dari Amiruddin Bagus.

Setelah itu, Indonesia terus tampil dominan atas Vietnam. Sutan Zico kembali mendapatkan peluang di menit ke-60, tetapi tendangan bebasnya masih melambung.

Tak ada lagi gol tercipta sampai laga berakhir. Skor pertandingan imbang 1-1 dan kedua tim berhak atas satu poin.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-16 Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (kapten), Amanar Abdillah (46', Sutan Zico), Andre Oktaviansyah, Muhammad Salman (33', Hamsa Lestaluhu, 87' Mochammad Supriadi), Brylian Negietha, Amiruddin Bagus.

Timnas U-16 Vietnam: Nguyen Duy Dung, Vo Quoc Dan, Giap Tuan Duong, Vu Tien Long (kapten), Nguyen Van Tu, Ngo Duc Hoang (59', Dinh Thanh Trung), Khuat Van Khang, Nguyen Quoc Hoang (70', Dau Ngoc Thanh), Ngo Thanh Tai, Ha Trung Tau, Trinh Quang Truang.
 

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar