Palu, (ANTARA News) - Sebanyak 15 tim mancanegara telah mendaftarkan pebalapnya untuk mengikuti lomba balap sepeda wisata internasional bertajuk Tour de Central Celebes (TdCC) II-2018 pada 14-18 Oktober 2018.

"Ini menunjukkan bahwa antusiasme pebalap mengikuti lomba ini sangat tinggi," kata Dr Hasan, Direktur Lomba  TdCC yang dihubungi di Palu, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa pada TdCC I-2017 lalu, tim-tim peserta baru mendaftarkan pebalapnya hanya tiga-empat hari sebelum pelaksanaan lomba, tapi kali ini, satu bulan sebelum hari `H`, tim-tim sudah mendaftarkan pebalapnya. Setiap tim mendaftarkan lima pebalap dan tiga offisial.

Menurut Ketua Harian ISSI Sulteng itu, sudah terdaftar 20 tim mancanegara dan lima tim nasional akan mengikuti TdCC, serta lima tim cadangan yang akan mengisi bila yang terdaftar saat ini mengundurkan diri.

Ada beberapa hal yang membuat TdCC II-2018 sangat diminati pebalap dunia, yakni pertama karena TdCC kini sudah terdaftar di Uni Sepeda Internasional (UCI-Union Ciclyst Internationale) sehingga peserta akan mendapatkan poin untuk pemeringkatan pebalap dunia.

Selain itu, bonus yang disediakan penyelenggara juga semakin menarik yakni bernilai total Rp1,3 miliar, dua kali lipat dari TdCC I-2017 yang berjumlah total Rp600 miliar.

TdCC II-2018 ini akan menempuih rute sepanjang 760 kilometer yang dibagi dalam lima etape yakni Etape I Luwuk-Bunta, Etape II Ampana-Poso, Etape III Tentena-Parigi, Etape IV Parigi-Sigi, dan Etape V Donggala-Palu.

(T.KR-HJJ)
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018