Menperin minta pabrik kabel serat optik tingkatkan TKDN

Menperin minta pabrik kabel serat optik tingkatkan TKDN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendengarkan penjelasan dari Presiden Direktur PT ZTT Cable Indonesia Ye Zhifeng saat meninjau pabrik kabel serat optik PT ZTT Cable Indonesia di Karawang, Selasa (25/9/2018). (ANTARA News/ Biro Humas Kementerian Perindustrian)

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Perindustrian dalam rangka menumbuhkan industri dalam negeri adalah melalui kebijakan penerapan TKDN
Karawang (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta pabrik kabel serat optik di Indonesia meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam produknya.

"Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Perindustrian dalam rangka menumbuhkan industri dalam negeri adalah melalui kebijakan penerapan TKDN," katanya usai meresmikan pabrik kabel serat optik asal China PT ZTT Cable Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Menperin memaparkan kabel serat optik merupakan salah satu dari tujuh jenis produk, yakni telepon seluler, panel surya, televisi digital, kabel serat optik, IOT, lampu LED, dan smart card, yang berpotensi untuk dikembangkan melalui kebijakan penerapan TKDN.

Dua jenis produk di antaranya, yaitu peralatan komunikasi (telepon seluler) dan panel surya yang saat ini sudah diterapkan kebijakan TKDN-nya.

Kebijakan lainnya yang juga dilakukan pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan penanaman modal dalam negeri yaitu dengan pemberian beberapa fasilitas insentif perpajakan, di antaranya fasilitas tax holiday dan tax allowance untuk industri teknologi informasi dan komunikasi.

Selain itu, dalam rangka peningkatan daya saing industri kabel serat optik dalam negeri, pemerintah juga memberikan fasilitas insentif berupa bea masuk di tanggung pemerintah (BMDTP) atas impor bahan dan/atau bahan untuk pembuatan kabel serat optik.

Tentunya, lanjut Airlangga, upaya penumbuhan industri kabel serat optik tidak dapat berjalan apabila hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga perlu dukungan dari pelaku usaha.

Menurut dia, PT ZTT Cable Indonesia telah melakukan upaya tersebut melalui peran serta dalam penumbuhan industri serat optik dalam negeri.

"Pada kesempatan ini kami berharap PT ZTT Cable Indonesia untuk terus meningkatkan tingkat komponen lokal untuk produk-produknya, sehingga industri komponen dalam negeri juga terus tumbuh dan semakin memperkuat struktur industri dalam negeri," ungkapnya.

Baca juga: China operasikan pabrik kabel serat optik
Baca juga: Telkom pastikan gunakan kabel optik bawah laut produk NEC Jepang

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Telkom komitmen penuhi kebutuhan jaringan hingga ke pelosok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar