51 tokoh terima Anugerah Kebudayaan Kemendikbud

51 tokoh terima Anugerah Kebudayaan Kemendikbud

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid (ANTARA/Aubrey Fanani)

Penghargaan ini adalah bentuk komitmen untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 51 tokoh atau kelompok akan menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, pada Rabu (26/9).

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid saat konferensi pers di Jakarta, Selasa, mengatakan nama penerima Anugerah Kebudayaan merupakan hasil seleksi yang dilakukan sejak awal Februari 2018.

"Program apresiasi ini sebagai salah satu alat menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia," kata dia.

Beberapa tokoh yang akan menerima penghargaan itu antara lain Ebiet G. Ade (musik), Glen Fredly (musik), Sidi Saleh (film), Eko Supriyanto (tari), Afrizal Malna (Sastra), Abah Engkus (silat), Ashadi Siregar, Katamsi Martohardjo  dan lainnya.

Penghargaan ini adalah bentuk komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia agar tetap mengakar dengan cara menghargai tokoh Indonesia yang secara konsisten berkarya dan berkontribusi dalam kebudayaan.

Penyerahan penghargaan tersebut telah dilakukan sejak 2012.

Penghargaan tersebut dibagi ke dalam delapan kategori antara lain tanda kehormataan dari Presiden RI, pencipta dan pelopor, pelestari, anak dan remaja, maestro seni tradisi, pemerintah daerah, komunitas dan perorangan asing.


Baca juga: Presiden Jokowi ajak seniman untuk berani bermimpi besar
Baca juga: Seratusan seniman ngabuburit dengan melukis kaligrafi Arab

 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar