Dengan mengukir prestasi mulai dari individu atau kelompok, serta meningkatkan zikir dan doa
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Walikota Jakarta Selatan Arifin menyatakan bahwa Bulan Muharram sebaiknya menjadi momentum bagi korps pegawai negeri (Korpri) untuk meningkatkan transparansi dan profesionalitas kerja.

"Sebagai aparatur sipil negara (ASN) dan pengayom masyarakat, marilah kita bekerja dengan lebih baik dan profesional, karena pelayanan publik yang cepat, adil, serta transparan, sangat diharapkan warga kota Jakarta," kata Arifin saat membuka acara Peringatan 1 Muharram 1140 Hijriah di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan yang dihadiri anggota Korpri Jakarta Selatan, Arifin menjelaskan peningkatan kinerja merupakan upaya untuk mengamalkan kebajikan dan nilai humanis dalam bermasyarakat.

Tidak hanya itu, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu turut mengajak jajarannya berlomba-lomba dalam membantu saudara yang kurang beruntung. Alhasil, pada kegiatan yang sama, Pemerintah Kota Jakarta Selatan memberi santunan ke anak yatim piatu dengan nilai total Rp25 juta.

Baca juga: Umat Islam zikir bersama songsong 1 Muharram

"Per kecamatan lima orang, masing-masing anak mendapatkan Rp500 ribu," kata Kepala Badan Amil, Zakat, Infaq, dan Sadaqah (BAZIS) Jakarta Selatan Sutriana Lela di sela kegiatan.

Sutriana menjelaskan ada sekitar 50 anak dari 10 kecamatan yang menerima santunan dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Arifin mengingatkan bahwa Muharram merupakan bulan yang mulia, sehingga ia mengajak jajaran dan masyarakat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Waktu untuk bermuhasabah (introspeksi diri) apakah ibadah yang kita laksanakan sudah sempurna, waktu untuk berbagi kepada sesama, serta (Bulan Muharram) jadi saat yang tepat untuk memberi semangat baru bagi kita, berbuat amal kebajikan, sebagai bekal di kala nanti kita menghadap sang Ilahi," ucap Arifin.

Ia berharap, kegiatan memperingati 1 Muharram dapat menyatukan umat Islam di Tanah Air.

"(Salah satu upaya meningkatkan persatuan) dengan mengukir prestasi mulai dari individu atau kelompok, serta meningkatkan zikir dan doa," tambahnya.

Peringatan 1 Muharram yang digelar di Masjid Darul Jannah, Kantor Walikota Jakarta Selatan, Selasa, dihadiri oleh camat, lurah, pimpinan SKPD/UKPD, perwakilan pegawai di Pemkot Jaksel serta masyarakat setempat.

Baca juga: Peringatan 1 Muharram tonggak persatuan umat Islam
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018