Djarum ajak rektor siapkan pengajar kompeten

Djarum ajak rektor siapkan pengajar kompeten

Salah satu model memperagakan busana bertema sirkus karnaval dalam "Trunk Show" di SMK PGRI 1 Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/ Tessa Qurrata Aini)

Kami bawa para rektor ke SMK untuk memulai dari perguruan tinggi karena kebanyakan lulusan perguruan tinggi tidak siap mengajar di SMK
 Kudus (ANTARA News)  - Djarum Foundation memboyong para rektor perguruan tinggi di Indonesia untuk mempersiapkan pengajar yang kompeten bagi murid-murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pertemuan Peningkatan Kualitas SMK di PT Djarum Oasis, Kudus, Jawa Tengah.

"Kami membawa para rektor ke SMK untuk memulai dari perguruan tinggi karena kebanyakan lulusan perguruan tinggi tidak siap mengajar di SMK," ujar Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad, di Kudus, Jawa Tengah, Selasa.

Primadi melanjutkan pertemuan juga untuk memastikan kurikulum sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. 

Ditanya mengenai program berikutnya, pihaknya mengaku akan menggarap empat bidang keahlian yaitu Teknologi Rekayasa, Maritim, Ekonomi Kreatif, dan
Pariwisata.

Namun, kesulitan yang ditemui Primadi pada umumnya dalam program meningkatkan kualitas SMK ialah sumber daya manusia, baik guru maupun murid.

Baca juga: SMK Animasi RUS siapkan karya perdana

"Kesulitan kami adalah mendapatkan guru yang bisa mengajar sesuai dengan bidang keahliannya dan sesuai apa yang perusahaan butuhkan, kepala sekolah yang punya jiwa kepemimpinan baik dan bisa mengatur, dan input siswa yang baik," tambah Primadi.

Untuk saat ini, Djarum Foundation hanya fokus untuk meningkatkan mutu kualitas SMK di Kudus.

"Tapi, saya sering keliling Indonesia untuk membantu SMK lain, seperti melobi perusahaan besar untuk ikut membantu mengembangkan SMK di daerah," jelas Primadi.

Program pendidikan yang tengah dikerjakan Djarum Foundation saat ini adalah Peningkatan Kualitas SMK yang dimulai sejak 2011.

Tujuan utama program tersebut untuk mengembangkan kompetensi keahlian untuk bidang pekerjaan yang dibutuhkan Indonesia pada masa mendatang. 

Baca juga: Djarum Foundation dukung pengembangan pendidikan vokasi
 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mengintip fasilitas asrama PB Djarum di Kudus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar