Metropolitan

Tiang JPO rusak akibat kecelakaan bus Transjakarta

Tiang  JPO rusak akibat kecelakaan bus Transjakarta

Tiang JPO Halte Transjakarta Sumber Waras dalam kondisi terlepas dan bus Transjakarta yang rusak berat dalam kecelakaan tunggal pada Selasa (25/9) (Istimewa)

Tiang yang lepas kelihatan bergoyang-goyang. Gelagar pelat besi JPO juga bergoyang saat dilewati lebih dari lima orang

Jakarta, 25/9 (Antara) - Tiang Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Halte Transjakarta Sumber Waras rusak dan terlepas dari pondasinya akibat ditabrak dalam kecelakaan tunggal Bus Transjakarta, Selasa pagi.

Pantauan ANTARA di Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang merupakan lokasi kecelakaan bus Transjakarta, tersisa tiang penyangga JPO Halte Transjakarta Sumber Waras yang miring dan terlepas dari pondasinya.

Sejumlah beton tampak berantakan, serta serpihan batu tercecer di sekitar tiang yang terlepas 40 sentimeter dari posisi asalnya.

Kondisi tersebut tentu mengancam keselamatan pengguna JPO apabila sewaktu-waktu ambruk karena tidak kuat menopang beban.

Menurut keterangan salah satu warga bernama Asri, 35, kondisi miring JPO terasa saat sebelum maupun sesudah melintas di JPO yang tiangnya lepas itu. 

"Tiang yang lepas kelihatan bergoyang-goyang. Gelagar pelat besi JPO juga bergoyang saat dilewati lebih dari lima orang," ungkapnya.

Asri mengungkapkan kondisi tersebut sempat membuatnya ngeri dan mengurungkan niatnya melewati JPO tersebut kembali hingga selesai diperbaiki.

Sebelumnya, bus Transjakarta dari flyover Roxy arah Grogol mengalami kecelakaan tunggal sekitar pukul 06.30 WIB di Halte Busway Sumber Waras.

Bus tersebut hendak masuk jalur, namun banting setir ke kiri saat menghindari penyapu jalan di sebelah kanan jalur. Bus sempat menabrak separator kuning sebelum akhirnya hilang kendali dan menabrak tiang JPO Halte Sumber Waras.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Bus berakhir dengan kondisi rusak parah, kaca depan pecah dan dengan badan bus penyok. 

Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar