Saya menjawab berbagai keluhan dari pengrajin. Mulai dari menurunnya daya beli dan mahalnya biaya produksi karena bahan baku batik yang masih dipengaruhi impor
Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS Sandiaga Uno menyerap aspirasi sekaligus menjawab keluhan emak-emak perajin batik khas Pekalongan di Sentra Pengrajin Batik Feno, Pekalongan, Selasa.

Bersama Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, pasangan dari Calon Presiden, Prabowo Subianto, meninjau langsung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang baginya menjadi motor pergerakan ekonomi dan sarana promosi kebudayaan khas Indonesia tersebut.

"Di sini, di pusat kerajinan Batik Pekalongan, saya menjawab berbagai keluhan dari pengrajin. Mulai dari menurunnya daya beli dan mahalnya biaya produksi karena bahan baku batik yang masih dipengaruhi impor," kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Sandiaga menjelaskan Sentra Batik Pekalongan selama ini telah berhasil mewariskan dan memelihara budaya bangsa sekaligus membuka lapangan kerja. Para perajin batik, sambungnya, menjadi bagian dari ekonomi kreatif Indonesia yang berpotensi tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. 

Dia berharap di masa depan, ekonomi kreatif harus mampu membangun jaringan antara penjual dan pembeli dengan bantuan pemerintah. 

"Itu yang menjadi harapan dan yang bisa diselesaikan melalui ekonomi kreatif. Agar insya Allah harga jual tetap stabil dan sektor pemasaran bisa kita atasi bersama-sama," kata Sandiaga.

Ditambahkannya bahwa pembangunan infrastruktur yang masif belum tentu bisa mendatangkan keuntungan langsung dan berdampak signifikan bagi pengrajin batik sebagai pegiat ekonomi mikro.

Dia berharap pembangunan yang selama ini berjalan dapat turut serta mengangkat sektor ekonomi mikro termasuk UMKM agar bisa naik kelas dan mengentaskan kemiskinan maupun pengangguran di masyarakat.

Dalam kunjungan kali ini, Sandiaga turut membubuhkan tanda tangannya menggunakan canting pada sehelai kain batik. Para perajin sendiri terlihat bahagia dengan kedatangannya dan bersedia mendengarkan aspirasi mereka.

Baca juga: Sandiaga dukung LKB populerkan batik Betawi

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018