Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat, berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air
Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri peresmian pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2018 di Balai Sidang Jakarta (JCC) dan tiba di hall JCC, Rabu sekitar pukul 09.10 WIB.

Selain itu, pantauan Antara menyebutkan, Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla yang menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) juga mendampingi Iriana dalam acara peresmian itu.

Peresmian pembukaan Kriyanusa dilakukan dengan pemotongan pita melati di depan ikon pendopo adat Aceh.

Peragaan busana dari beberapa perancang juga ditampilkan yang memamerkan kekayaan kreatifitas busana Indonesia.

Menurut Mufidah, pameran Kriyanusa yang berlangsung pada 26-30 September 2018 itu menampilkan karya-karya kreatif di bidang kerajinan.

"Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat, berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air," kata Mufidah dalam sambutan pembukaan.

Dia menambahkan potensi perkembangan industri kerajinan Tanah Air bervariasi mulai dari skala mikro kecil hingga skala menengah.

Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga hadir dalam acara itu.

Sejumlah duta besar pun turut menyaksikan acara itu.

Kriyanusa diikuti oleh sejumlah pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia yang menjual produk kerajinan tangan asli buatan anak bangsa.

Acara itu bertujuan dapat mempromosikan kerajinan tradisional tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018