counter

Kartu grafis super cepat NVidia GeForce RTX Founder tersedia

Kartu grafis super cepat NVidia GeForce RTX Founder tersedia

Kartu grafis NVidia GeForce RTX 2080. (ANTARA News/NVidia)

Jakarta (ANTARA News) - NVidia mengumumkan bahwa kartu grafis super cepat NVidia GeForce RTX Founder telah tersedia untuk dipesan (pre order), meskipun yang versi terendahnya disebut sudah ludes terjual.

Sebagai kartu grafis generasi terbaru, GeForce RTX Founder memiliki kemampuan yang sudah ditingkatkan, termasuk mendukung Artificial Intelligence (AI) dan pelacakan-ray real time (seketika), kata NVidia dalam pernyataannya, dikutip Rabu.

GeForce RTX diklaim sebagai kartu grafis pertama di dunia yang memiliki memori GDDR6 super cepat, keluaran DisplayPort 1.4 baru yang mendukung gambar 8K HDR pada 60Hz pada monitor generasi baru hanya dengan satu kabel.

Tidak hanya itu, kartu grafis ini juga dilengkapi output VirtualLink Tipe USB-C untuk dipasangkan dengan perangkat headset Virtual Reality generasi berikutnya.

Menurut NVidia, GeForce RTX Founder dirancang untuk gim resolusi tinggi dan dengan overlock (peningkatan ke kinerja optimal) dari pabrik, serta memiliki kipas ganda untuk pendinginan yang lebih baik.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa sebagian besar pembeli kartu grafis tidak pernah overclock kartu mereka, meninggalkan kemampuan penuh yang belum dimanfaatkan. Jadi, untuk memastikan pelanggan mendapatkan hasil maksimal dari kartu grafis mereka untuk seumur hidup, kartu grafis GeForce RTX Founders Edition menampilkan overclock pabrik 90MHz out-of-the-box,” katanya.

Yang pertama kalinya juga bahwa NVidia telah menguji kartu ini guna memastikan stabilitas OC rock-solid dan didukung dengan garansi standar 3 tahun.

Meskipun sudah mendapatkan overlock dari pabrik, Nvidia GeForce RTX Founder masih mungkin untuk dimaksimalkan lagi kinerjanya (overlocking) oleh pengguna berkat komponen mutakhir dan efisien di dalamnya.

Ditenagai dengan motor 3-Phase, yang membatasi suara vibrasi, kipas pada kartu grafis ini memiliki 13 bilah untuk memindahkan udara secara lebih efektif, meningkatkan jumlah udara yang bergerak per detik.

Baca juga: NVIDIA luncurkan arsitektur Turing, akan perkuat grafik komputer

Dibandingkan dengan kartu grafis Pascal Founders Edition yang overclock, kipas ganda di kartu grafis GeForce RTX mampu menghasilkan hingga 10 derajat lebih dingin di lingkungan berventilasi baik dan bersuara lebih halus.

Kartu grafis ini bekerja secara optimal dengan menggunakan daya listrik 225 Watt hingga 280 Watt. NVidia GeForce RTX Founder dirilis dalam tiga varian, yakni GeForce RTX 2080 i, GeForce RTX 2080, dan GeForce RTX 2070.

Varian tertinggi, GeForce RTX 2080 i dibanderol fantastis 1.199 dolar (sekitar Rp17,8 juta), GeForce RTX 2080 berharga 799 dolar atau sekira Rp11,9 juta, sedangkan GeForce RTX 2070 hanya 599 dolar atau sekitar Rp8,9 juta namun disebut persediaan sudah habis saat ini.

Baca juga: Gannon dan NVidia simulasikan robot baru di Forum Ekonomi Dunia

Pewarta: Suryanto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar