Liga Spanyol

Barca dan Madrid kompak menelan kekalahan

Barca dan Madrid kompak menelan kekalahan

Para pemain Leganes merayakan gol pada pertandingan Liga Spanyol melawan Barcelona dimainkan di Estadio Municipal de Butarque, Leganes, pada Kamis (27/9) dini hari WIB. (twitter.com/CDLeganes)

Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan Liga Spanyol sekaligus pemuncak klasemen Barcelona takluk 1-2 di markas tim papan bawah Leganes, pada pertandingan lanjutan Liga Spanyol yang dimainkan di Estadio Municipal de Butarque, Leganes, pada Kamis dini hari WIB.

Di tempat lain, Real Madrid juga harus mengakui keunggulan tuan rumah Sevilla, yang menang 3-0 atas mereka. Ini merupakan pertama kalinya sejak Januari 2015 di mana dua tim terbesar Spanyol itu menelan kekalahan di hari yang sama, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Spanyol.

Philippe Coutinho membawa Barca memimpin atas tim juru kunci Leganes pada menit ke-12 dengan sepakan voli berkelasnya, namun keunggulan tim Katalan itu buyar setelah turun minum.

Tandukan Nabil El Zhard memasukkan bola ke gawang Barca pada menit ke-52, dan pemain 20 tahun Oscar Rodriguez mengemas gol kedua 60 detik kemudian untuk memicu kegembiraan dari 12.000 penonton yang memadati Stadion Butarque.

Kekalahan Barca ini membuat Madrid berpeluang unggul tiga poin di puncak klasemen, namun sang juara Eropa justru ditaklukkan Sevilla, yang mengemas gol-gol mereka pada babak pertama untuk memberikan kekalahan perdana bagi Madrid asuhan Julen Lopetegui.

Barca tetap memuncaki klasemen dengan keunggulan selisih gol, sama-sama memiliki 13 poin sebagaimana Madrid. Atletico berada di peringkat ketiga dengan 11 poin dan Sevilla di peringkat keempat dengan sepuluh poin.

Penyerang asal Portugal Andre Silva memberikan start sempurna bagi Sevilla melalui golnya yang dibukukan dari jarak dekat pada menit ke-17, setelah terjadi kesalahan yang dilakukan bek Marcelo dan gelandang Casemiro.

Silva menggandakan keunggulan timnya empat menit kemudian setelah kiper Thibaut Courtois melakukan kesalahan, ia mengemas gol keenamnya musim ini dan melampaui Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak di Spanyol, meski Gareth Bale hampir mencetak gol balasan untuk Madrid ketika tembakannya mengenai tiang gawang.

Unggul dua gol, Sevilla tidak mengendurkan tekanan, dan setelah sepakan Franco Vazquez mengenai mistar gawang, penyerang Wissam Ben Yedder mencetak gol ketiga timnya pada menit ke-39 untuk menjadi gol keenamnya pekan ini, menutup kemenangan kandang keempat secara beruntun atas Madrid di ajang liga bagi tim Andalusia tersebut.

Penderitaan Real berlanjut ketika gol Luka Modric tidak disahkan karena offside setelah konsultasi panjang dengan VAR dan Marcelo harus meninggalkan lapangan karena cedera, membuat ia kemungkinan tidak dapat bermain saat menghadapi Atletico pada Sabtu.

Di tempat lain, Villarreal mengamankan tiga poin dari lawatannya ke markas Athletic Bilbao dengan raihan kemenangan 3-0. Sedangkan gol yang dibukukan Iago Aspas pada menit ke-90 menghindarkan Celta Vigo dari kekalahan saat mereka dijamu Valencia, untuk menutup pertandingan tersebut dengan skor imbang 1-1.

Susunan pemain Leganes dan Barcelona seturut laman resmi Liga Spanyol:
Leganes (5-4-1): Cuellar, Juanfran, Tarin, Bustinza, Garcia, Silva, El Zhar (Nyom 86'), Vesga (Merino 82'), Perez, Oscar (Gumbau 74'), En Nesyri
Pelatih: Mauricio Pellegrino

Barcelona (4-3-3) : Ter Stegen, Roberto, Pique, Umtiti, Vermaelen (Alba 70'), Rakitic, Busquets, Coutinho, El Haddadi (Suarez 61'), Messi, Dembele (Malcom 71')
Pelatih: Ernesto Valverde

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar