counter

Kemdikbud-Casio kerja sama tingkatkan kompetensi sains siswa

Kemdikbud-Casio kerja sama tingkatkan kompetensi sains siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (kiri) dan Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer Hiroshi Nakamura (kanan) menandatangani perjanjian kerja sama di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (27/09/2018). (ANTARA/ Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan perusahaan Jepang, Casio Computer Co. Ltd., bekerja sama meningkatkan kompetensi siswa di bidang sains, teknologi, kerekayasaan dan matematika (STEM).

"Penandatanganan naskah perjanjian pada hari ini sebetulnya merupakan tindak lanjut dan pengembangan dari kerja sama yang selama ini sudah kita jalin," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara penandatanganan kerja sama di gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis. 

Dalam perjanjian kemitraan itu, kedua pihak sepakat meningkatkan kompetensi pendidik serta mengembangkan minat dan kompetensi peserta didik dalam bidang sains, teknologi, kerekayasaan dan matematika sekaligus mengembangkan perangkat kurikulum, metode pembelajaran dan bahan ajar dalam bidang yang sama. 

"Apa yang telah dikerjasamakan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan perusahaan Casio Computer Jepang ini menurut penilaian kita adalah suatu langkah yang sangat bagus untuk mempercepat proses peningkatan kapasitas para guru khususnya guru matematika di level SMA dan SMK, juga di level lebih rendah terutama mengampu mata pelajaran matematika di sekolahnya," tuturnya.

Kerja sama itu juga mencakup peningkatan minat dan kompetensi peserta didik melalui kegiatan praktik kerja industri, kunjungan belajar dan pelatihan serta pengembangan perangkat kurikulum, metode pembelajaran dan bahan ajar yang didukung teknologi kalkulator ilmiah. 

"Mudah-mudahan langkah ini adalah langkah yang baik untuk kita bekerja mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di bidang pembelajaran matematika," kata Muhadjir. 

Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer Hiroshi Nakamura mengatakan kerja sama itu diharapkan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Nakamura menjelaskan bahwa lewat kesepakatan ini perusahaannya bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memulai pelaksanaan beragam program pendidikan guna mendukung peningkatan kompetensi pendidik, peningkatan kompetensi dan minat peserta didik, serta pengembangan perangkat kurikulum, metode pembelajaran, dan bahan ajar dalam lingkup sains, teknologi, kerekayasaan, dan Matematika yang didukung kalkulator ilmiah.

"Kami bertekad untuk memberikan kontribusi yang berdampak besar bagi Indonesia," tuturnya. 

Casio telah berkomitmen menyelenggarakan pelatihan matematika bagi para pendidik Indonesia sejak 2017 dan tahun sebelumnya, 2016, perusahaan mengadakan kompetisi Matematika antarsekolah di Indonesia. Seperti yang dilakukan di Inggris, Amerika dan Singapura, peserta kompetisi itu boleh menggunakan kalkulator untuk menghitung.

Baca juga: Siswa Indonesia boyong tiga emas di olimpiade sains internasional
Baca juga: Perjuangan tim olimpiade biologi SMA Indonesia raih prestasi di Iran

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Menikmati kuliner Jepang yang akrab di lidah Indonesia

Komentar