Jakarta (ANTARA News) - Mercedes-Benz menawarkan kemudahan kepada orang-orang yang memiliki kendala fisik, lewat mobil Mercedes-Benz V-Class dengan lift kursi roda dan juga kursi transfer geser. 

Dilansir Media Daimler, Selasa, mobil tersebut ditampilkan dalam pameran REHACARE 2018 yang digelar di Dusseldorf pada 26-29 September 2018.

Lift kursi roda (Cassette Lift "F6") memfasilitasi akses agar pengguna kursi roda nyaman saat naik ataupun turun dari kendaraan. Sementara kursi transfer geser memudahkan pengguna untuk berpindah dari kursi roda ke kursi pengemudi.

Lift kursi roda dipasang di bagian bawah V-Class dan terbuka ke pintu geser bagian belakang (pada sisi penumpang bagian depan). Dengan bantuan remote control, lift ini bisa diperpanjang dan diturunkan ke permukaan tanah. 

Setelah pengguna kursi roda berada di atas lift, cukup tekan remote control sekali lagi dan lift akan naik menuju ke dalam mobil. Adanya lift ini memberikan kemudahan para pengguna kursi roda untuk masuk ke dalam bagian interior kendaraan.

Lift kursi roda ini memiliki kapasitas mengangkat  hingga bobot 300 kilogram.

Baca juga: CEO Daimler Dieter Zetsche dikabarkan akan berhenti 2019

Sedangkan kursi transfer geser berfungsi untuk memudahkan pengguna kursi roda berpindah menuju kursi pengemudi. Kursi transfer geser ditempatkan pada posisi kursi pengemudi dan telah dipasangi bingkai dasar khusus yang dapat "didorong" mundur dengan sistem rel. Kursi pengemudi ini bisa didorong sekitar 45 sentimeter. 
 
Kursi transfer geser pada Mercedes-Benz V-Class (Media Daimler)


Saat kursi transfer telah dimundurkan, pengguna kursi roda bisa berpindah menuju kursi pengemudi, setelah itu, kursi dimajukan kembali dan pengguna dapat mengemudikan kendaraannya. kursi transfer geser ini dioperasikan secara manual

Berdasarkan permintaan, lift kursi roda dan kursi transfer geser juga dapat dipesan pada Mercedes-Benz Vito.

Baca juga: Produsen mobil Daimler hentikan aktivitas di Iran terkait sanksi AS
 
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018