counter

Metropolitan

Tas dalam negeri mulai merambah pasar internasional

Tas dalam negeri mulai merambah pasar internasional

Novita Dewi (nomor dua dari kiri) adalah owner tas merek eNDe buatan House of Ende yang sudah merambah pasar internasional. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Tas produk dalam negeri merek "eNDe" buatan "House of Ende" ini sudah diakui secara nasional dan kini mulai merambah di pasar internasional..

Pemilik produk eNDe Novita Dewi mengatakan para artis atau pesohor sudah menggunakan tas tersebut di antaranya Olla Ramlan, Ashanti, Nadine Chandrawinata, istri Gubernur DKI Jakarta, Fery Farhati, dan istri calon Wakil Presiden nomor urut 02, Nur Asia Uno hingga Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

"Tas eNDe memiliki kekhasan, dimana bahan baku kulit dan tenun menjadi pilihan saya dalam memproduksi. Hal itu bukan tanpa alasan, untuk mengeksplorasi budaya Indonesia pada desain tas," kata Novita di Jakarta, Kamis.

Tas eNDe konsisten mengeksplorasi budaya Indonesia sebagai ikon di bagian luar tas. Novita menjelaskan, rumah produksi tasnya untuk mengangkat budaya lokal Indonesia secara bergantian setiap enam bulan.

Kali ini, eNDe meluncurkan tas baru hasil karyanya dengan menonjolkan desain eksotik berwarna dasar bendera Indonesia Merah Putih, Novita mengambil tema "Archipelago Endenesia". Sisi nasionalisme sangat kental terasa dalam desain tas ini.

"Sebagai ungkapan rasa cinta eNDe terhadap negeri kepulauan yang elok dan kaya akan keberagaman budaya," ujar Novita.

Tas Archipelago menampilkan bentuk dari gugusan kepulauan di perairan Indonesia yang diaplikasikan sebagai ornamen pada desain tas terbarunya.

Menurut Novita, tas baru itu dikeluarkan sebagai bentuk apresiasi eNDe kepada para pelanggan setianya. Pelanggan tersebut, berasal dari seluruh penjuru tanah air. "Tidak salah jika tema motif eNDe adalah peta kepulauan Indonesia. Dari Indonesia, untuk Indonesia," katanya.

Dalam desain tas produksinya, Novita dibantu oleh tim desain dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ)/maka tampilannya selalu inovatif soal kualitas mengedepankan bahan baku dengan kualitas tinggi.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Lanal Banten kenalkan KRI Halasan 630 buatan dalam negeri

Komentar