counter

Bursa Australia menguat, keuntungan meluas

Bursa Australia menguat, keuntungan meluas

Ilustrasi: Seorang investor terpantul di kaca jendela depan layar yang menunjukkan pergerakan harga saham di Bursa Efek Australia (ASX) di Sydney, Australia. (REUTERS/Steven Saphore)

Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi dengan keuntungan meluas pada perdagangan Jumat pagi, menyusul kinerja yang kuat di pasar-pasar internasional Kamis malam (27/9).

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 33,10 poin atau 0,54 persen menjadi diperdagangkan di 6.214,30 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 32,10 poin atau 0,51 persen pada 6.331.40 poin.

Kenaikan di pasar internasional semalam datang didukung berita pada Kamis (27/9) bahwa Federal Reserve AS akan terus menaikkan suku bunga acuannya.

 "Dalam reaksi bakar yang lambat terhadap penilaian optimis Federal Reserve AS terhadap perekonomian, dolar AS melonjak dalam perdagangan semalam - saham-saham naik di seluruh dunia," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy seperti diberitakan Xinhua.

Di bursa Aussie, saham-saham energi naik paling tinggi, dengan teknologi informasi dan kesehatan juga membuat keuntungan kuat.

Semalam, "Investor Eropa dan AS menikmati keuntungan di seluruh papan, dengan saham-saham teknologi sebuah fitur," kata McCarthy.

"Kekuatan dan keyakinan juga melihat harga minyak mentah menambah kenaikan baru-baru ini."

Tertinggal pada indeks Jumat adalah saham-saham keuangan yang hanya berhasil sedikit meningkat.

?Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 0,39 persen, National Australia Bank naik 0,11 persen, ANZ naik 0,50 persen dan Westpac Bank turun 0,58 persen.

Saham-saham pertambangan juga sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 0,99 persen, Rio Tinto naik 0,43 persen, Newcrest naik 0,83 persen dan Fortescue Metals turun 1,27 persen.

Saham-saham produsen minyak dan gas menguat dengan Woodside Petroleum naik 1,35 persen, Oil Search naik 0,33 persen dan Santos naik 1,02 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia meningkat dengan Wesfarmers naik 0,58 persen dan Woolworths naik 0,79 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,63 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melemah 0,09 persen dan perusahaan biomassa CSL meningkat 1,48 persen.

Baca juga: Ikuti Wall Street, Bursa Jepang naik signifikan

Baca juga: Aksi beli pasca-The Fed dongkrak penguatan IHSG

Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar