Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo pada Jumat melihat langsung hutan pinus di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, yang sebelumnya hanya dia lihat fotonya di media sosial instragam.

"Kita sekarang melihat dari dekat hutan pinus di Mangunan ini, saya biasa melihat di Instragram," katanya saat membuka Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) tingkat nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (Pusaka) di Hutan Pinus Asri Mangunan.

"Karena memang hutan pinus instragamable yang senang biasanya anak muda, ke sini hanya ambil foto dan diunggah di Instragam, Twitter dan Facebook, kalau buat video ke Youtube," tambah Kepala Negara, menggunakan kata yang biasa digunakan pengguna Instagram ketika melihat pemandangan atau sesuatu yang menurut mereka akan tampak bagus di foto.

Sebagai destinasi wisata yang makin banyak didatangi orang, termasuk yang datang untuk berfoto, hutan pinus di Mangunan menjadi sumber pendapatan masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan kawasan hutan.

"Dan kita bersyukur bahwa hutan telah menjadi sumber kehidupan kita, fungsi hutan selain bisa mengurangi emisi karbon juga menjaga Indonesia sebagai paru paru dunia," katanya.

Presiden menandai pembukaan Festival KPH tingkat nasional dan Pameran Usaha Kehutanan di Hutan Pinus Asri Mangunan dengan memukul kentongan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X mendampingi Presiden dalam acara pembukaan itu.

Setelah membuka festival tersebut, Presiden bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Gubernur DIY berswafoto bersama di panggung kawasan hutan pinus Mangunan.

Baca juga: Presiden naik andong di Malioboro sapa masyarakat
 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018