Jakarta (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Bayern Muenchen tidak sabar untuk memainkan pertandingan pekan keenam Liga Jerman pada Sabtu dini hari WIB di kandang tim peringkat keempat Hertha Berlin. Pasukan Nico Kovac ingin segera bangkit dari hasil mengecewakan pada tengah pekan, di mana mereka ditahan imbang 1-1 oleh Augsburg pada Rabu WIB.

"Kami ingin meraih kesuksesan di Berlin, di mana kami gagal pada Selasa," kata Kovac, menggaris bawahi tujuannya. Terlebih, kemenangan akan menjadi semakin istimewa bagi Kovac ketika ia kembali ke kota kelahirannya. "Selalu menyenangkan untuk pulang. Kami menginap dan saya memiliki beberapa kenalan dan teman yang akan saya temui setelah pertandingan," ucap pria Kroasia tersebut kepada laman resmi Bayern Muenchen.

Berhadapan dengan Berlin, Kovac akan kembali harus menyusun ulang komposisi tim akibat sejumlah pemain yakni Kingsley Coman, Rafinha, dan Corentin Tolisso dipastikan absen. Leon Goretzka pun akan menepi setelah ia terpaksa ditarik keluar lapangan akibat cedera saat melawan Augsburg.

Mengantisipasi situasi cedera terkini, Kovac telah mempromosikan Jonathan Meier dari tim cadangan, dan pemain 18 tahun itu berpeluang dimainkan "jika pertandingan berjalan lancar."

Muenchen akan perlu lebih memaksimalkan peluang-peluang mereka dibanding yang mereka lakukan saat melawan Augsburg, namun hanya itu kritik sang pelatih terhadap timnya.

"Itu akan menjadi lebih buruk seandainya kami tidak menciptakan peluang sama sekali.

Baca juga: Augsburg hentikan start sempurna Muenchen

Berbekal 14 pertandingan tanpa kekalahan saat melawan Hertha Berlin di semua kompetisi, Muenchen memiliki peluang besar untuk membawa pulang tiga poin.

Tetap saja, hal itu tidak membuat Kovac besar kepala. Sang arsitek tim tanpa ragu melempar pujian kepada calon lawan.

"Mereka (Hertha) memainkan sepak bola yang sangat bagus, saya sangat terpukau," ucapnya. "Mereka mahir secara teknik, tim berdisiplin yang berusaha untuk memenangi pertandingan-pertandingan kandang mereka, maka (pertandingan) besok akan menjadi ujian. Kami perlu kembali tampil 100 persen."

Jerome Boateng, yang juga kembali ke kota kelahirannya, memiliki pandangan serupa. "Mereka sangat kompak, kuat dalam tekel, agresif, namun tentu saja kami sekarang ingin kembali ke jalur kemenangan."

Hertha, yang menelan kekalahan pertamanya musim ini saat berhadapan dengan Werder Bremen pada tengah pekan, juga bersikap sama. Menjamu Muenchen, tiket pertandingan mereka sudah habis terjual.

"Kami sekarang memiliki pertandingan yang dapat akan Anda sebut sebagai sorotan. Olympiastadion akan penuh -- kami akan berusaha menikmati momen ini," kata pelatih Hertha Pal Dardai.

Meski memiliki semangat juang tinggi, Hertha tidak akan diperkuat kiper utamanya Ruse Jarstein yang mengalami cedera paha, sehingga mantan kiper Muenchen Thomas Kraft akan mengawal gawang timnya sejak awal.

Tim peringkat ke-2 Borussia Dortmund akan melawat ke markas tim peringkat ke-11 Bayer Leverkusen dengan suasana hati positif. Sayangnya, Dortmund sama sekali belum pernah mencatatkan kemenangan tandang pada musim ini dan Leverkusen merupakan tim yang cukup berbahaya.

Baca juga: Reus menjadi bintang saat Dortmund pesta gol ke gawang Nuernberg

Pelatih Dortmund Lucien Favre tidak memiliki masalah cedera pemain serius selain absennya Omer Toprak dan Raphael Guerreiro yang kondisinya masih meragukan. Ia bahkan dapat kembali mengandalkan Abdou Diallo yang telah menjalani skors satu pertandingan, untuk menggantikan Dan-Axel Zagadou di jantung pertahanan.

Leverkusen mengukir kemenangan beruntun pada dua pertandingan terakhirnya, setelah memulai musim dengan tiga kekalahan berturut-turut. Sehingga kemenangan atas Dortmund dapat semakin mempertebal rasa percaya diri pasukan Heiko Herrlich, sekaligus mendongkrak posisi di klasemen.

Baca juga: Muenchen bangkit dari ketertinggalan, bekuk Leverkusen 3-1

Karim Bellarabi tidak akan dapat dimainkan pelatih Herrlich akibat kartu merah yang diterimanya saat melawan Muenchen, meski demikian sang pelatih masih dapat mengandalkan Mitchell Weiser, Julian Brandt, dan Kevin Volland.

Tim peringkat ke-3 Werder Bremen juga sedang berada dalam kondisi penuh percaya diri setelah mereka menang 3-1 atas Hertha pada tengah pekan. Meski memainkan gaya sepak bola menyerang, mereka cukup apik dalam menjaga keseimbangan permainan, di akhir pekan mereka akan melawat ke markas Stuttgart.

Stuttgart sendiri berada dalam posisi sulit, hanya meraup dua poin dari lima pertandingan pembukaan dan sama sekali belum mencatatkan kemenangan. Mereka kesulitan menguasai bola dan minim kreativitas.

Masalah kreativitas ini mungkin dapat diperbaiki dengan kehadiran Daniel Didavi yang telah pulih dari cedera tendon Achilles, ia dapat memberikan alternatif di sektor serangan.

Jadwal pertandingan pekan keenam Liga Jerman:
Sabtu, 29 September
Hertha Berlin vs Bayern Muenchen
Nuernberg vs Fortuna Duesseldorf
Hoffenheim vs RB Leipzig
Schalke 04 vs Mainz 05
VfB Stuttgart vs Werder Bremen
Wolfsburg vs Moenchengladbach
Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund

Minggu, 30 september
Eintracht Frankfurt vs Hanover 96
Augsburg vs Freiburg

Baca juga: Muenchen kembali puncaki klasemen Liga Jerman

Baca juga: Jelang hadapi Bayern, Leverkusen tertekanan


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018