Jakarta (ANTARA News) - Juara dunia bulu tangkis Kento Momota menjadi pemain Jepang pertama yang memuncaki peringkat dunia tunggal putra versi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dengan menggeser pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen.

Axelsen, yang menyabet medali perunggu Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, serta menjuarai Kejuaraan Duni 2017, tergelincir ke peringkat ketiga di belakang pebulu tangkis China, Shi Yuqi.

Momota sempat dijatuhi sanksi larangan tampil akibat tertangkap basah masuk ke rumah judi ilegal pada April 2016 sehingga absen dari Olimpiade 2016 dan baru kembali berlaga dalam Kanadia Terbuka pada Juli tahun lalu.

Pebulu tangkis berusia 24 tahun itu lantas menyapu bersih turnamen yang diikutinya pada Maret dan April lalu, namun kalah dari Lee Chong Wei di final Malaysia Terbuka.

Kemudian pada Juli, Momota menumbangkan Axelsen di partai final Indonesia Terbuka sebelum memenangi tunggal putra Kejuaraan Dunia di Nanjing, China, sebulan berikutnya.

Baca juga: Momota juara bulu tangkis Jepang Terbuka, wujudkan cita-cita masa kecil

Baca juga: Momota rebut lagi gelar juara Indonesia Terbuka


Di negaranya sendiri, Momota juga menjuarai Jepang Terbuka bulan September ini, tapi secara mengejutkan hanya jadi runner-up China Terbuka usai dikalahkan pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting pekan lalu.

Kekalahan itu merupakan kali kedua diderita Momota dari Ginting, setelah sebelumnya hal yang sama terjadi dalam Asian Games 2018, demikian Reuters.

Baca juga: Indonesia pastikan final tunggal putra Korea Terbuka

Baca juga: Anggi/Ketut taklukkan ganda putri Malaysia pada Korea Terbuka

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018