Menpar buka Kejuaraan Triatlon Tanjung Lesung

Menpar buka Kejuaraan Triatlon Tanjung Lesung

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (kiri) dan Bupati Pandeglang Irna Narulita (kanan) meresmikan fasilitas selam Rhino Dive Center di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Jumat (28/9/2018). Keberadaan fasilitas selam tersebut untuk meningkatkan potensi pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye

Pandeglang (ANTARA News) - Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka Festival Pesona Tanjung Lesung dengan agenda utama Kejuaraan Triatlon dan maraton sepeda gunung di Kampung Wisata Cikadu, Pandeglang, Banten, Jumat.

"Pemerintah mendukung Festival Pesona Tanjung Lesung dengan kembali memasukkan kegiatan itu dalam kalender 100 penyelenggaraan pariwisata nasional dan menganggarkan Rp1,5 miliar untuk penyelenggaraan tahun depan. Dukungan pemerintah juga berupa infrastruktur jalan tol dan bandara untuk konektivitas yang lebih baik," kata Menpar dalam sambutan tentang kegiatan yang berlangsung pada Jumat (28/9) hingga Minggu (30/9) itu.

Menpar mengatakan kegiatan-kegiatan pariwisata dan pariwisata-olahraga (sportourism) yang berlangsung di kawasan Tanjung Lesung Pandeglang harus berskala internasional menyusul promosi kawasan wisata Ujung Kulon, Banten.

Kejuaraan sepeda gunung lintas alam Rhino MTB XC Marathon akan berlangsung pada Sabtu (29/9) dan menempuh rute lebih dari 50 kilometer di kawasan Tanjung Lesung.

Direktur Teknis Perlombaan Kejuaraan Rhino Triatlon dan MTB Marathon Taufik Hidayat mengatakan lintas lomba sepeda gunung lintas alam akan melewati jalur pemukiman, pantai, bukit, hingga jalan di ladang.

"Lintasan lomba sepeda gunung akan melewati 14 kampung di Tanjung Lesung selain lintasan tanjakan ada lintasan hutan jati, hutan sawit, jalan desa dengan kondisi permukaan yang tidak selalu rata," kata Taufik.

Taufik memperkirakan rute sejauh 50 kilometer dapat ditempuh selama 2,5 jam bagi para peserta atlet elit dan lima jam bagi para pehobi sepeda gunung.

Sementara, kejuaraan Rhino Triatlon Tanjung Lesung melombakan tiga kategori yaitu Bulls dengan rute renang 500 meter, sepeda 10 kilometer, dan lari lima kilometer. Kemudian kateogri Rhino dengan rute renang satu kilometer, sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer.

"Mengacu pada perlombaan tahun lalu, kami menerima masukan dari para peserta yang meminta penambahan jarak lintasan. Kami membuka kategori baru yaitu Eagle yang melombakan rute renang 1,5 kilometer, sepeda 30 kilometer, dan lari 15 kilometer," kata Taufik.

Panitia perlombaan triatlon dan sepeda gunung Tanjung Lesung juga telah menyiapkan tiga mobil ambulan, satu mobil evakuasi, serta lima sepeda motor untuk membantu para peserta yang mengalami kendala dalam perlombaan.

"Kami juga menyiapkan empat titik perhentian air setiap jarak 10 kilometer," kata Taufik.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar