Jakarta (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menko Polhukan Wiranto mengkoordinasikan penanganan dampak gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat petang. 

"Saya juga telah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinir," kata Presiden Joko Widodo di Solo, Jumat, melalui siaran langsung via media internet (live streaming) Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI

Presiden Jokowi juga sudah menelpon Panglima TNI dan memerintahkan untuk bersama-sama menangani terutama bencana itu terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat baik pencarian korban, evakuasi dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan.

"Kita harapkan besok sudah mendapatkan laporan dan informasi yang lebih detail karena memang para menteri, Kepala BNPB belum sampai ke sana, tapi menuju ke sana dan akan kita tunggu sampai besok pagi kira-kira lapangannya seperti apa," katanya. 

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyatakan ikut berduka cita atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu dan sekitarnya di Sulteng. 

"Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Kepala BNPB meskipun belum semua ada karena sulit untuk bertelepon ke sana. Tadi saya mencoba menghubungi gubernur sejak sore tadi juga tidak bisa sambung karena memang kelihatannya komunikasi terganggu," kata Jokowi. 

Kepala Negara menyebutkan setiap menit, setiap jam selalu mengikuti peristiwa yang terjadi dari tempatnya berada dan ia berharap setelah mendapatkan penjelasan secara penuh, akan dapat menentukan rencana selanjutnya. 

Ia mengimbau seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu dan sekitarnya, agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada.

"Kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama," katanya.

Baca juga: Presiden siagakan pemerintah hadapi pascagempa

Baca juga: TNI gelar apel malam menuju Donggala

Baca juga: Telkomgroup percepat pemulihan jaringan komunikasi di Palu

Pewarta: Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018