114 peserta ikuti Rhino MTB XCM 2018

114 peserta ikuti Rhino MTB XCM 2018

Para peserta lomba sepeda gunung lintas alam Rhino MTB XCM memulai perlombaan sejauh 50 kilometer di kawasan wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/9). (Antara/Imam Santoso)

Pandeglang  (ANTARA News) - Sebanyak 114 peserta mengikuti perlombaan balap sepeda gunung lintas alam Rhino MTB XCM 2018 dengan jarak tempuh 50 kilometer yang berlangsung di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Sabtu.

Dua atlet nasional Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) yaitu Fanani Zaenal dan Rohidah turut mengikuti perlombaan melewati lintasan bukit, jalan perkampungan, dan perkebunan itu.

Direktur Teknis Perlombaan Kejuaraan Rhino Triatlon dan MTB Marathon Taufik Hidayat mengatakan panitia telah memasang rambu jarak pada setiap titik kilometer sebagai pengingat jarak yang telah dilalui dan sisa jarak tempuh yang harus dilalui para peserta.

"Rute perlombaan melewati lintasan di dalam wilayah wisata Tanjung Lesung dan perkampungan di sekitarnya. Kemudian lintasan pantai, ladang sayuran, pematang sawah, dan jalan menanjak bukit," kata Taufik.

Selain rambu-rambu jarak kilometer, panitia juga menyiapkan tiga mobil ambulan, satu mobil evakuasi, serta lima sepeda motor untuk membantu para peserta yang mengalami kendala dalam perlombaan.

"Kami juga menyiapkan empat titik perhentian air setiap jarak 10 kilometer," kata Taufik.

Taufik memperkirakan rute sejauh 50 kilometer dapat ditempuh selama 2,5 jam bagi para peserta atlet elit dan lima jam bagi para pehobi sepeda gunung.

Perlombaan sepeda gunung lintas alam Rhino MTB XCM 2018 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Tanjung Lesung sebagaimana perlombaan Rhino X-Triatlon 2018. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar