Sukabumi  (ANTARA News) - Sempat dinyatakan hilang dua warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang tengah mengikuti pameran sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Palu, Sulawesi Tengah ditemukan dalam kondisi selamat.

Dua warga Kabupaten Sukabumi tersebut Nurmansyah (32) warga Kecamatan Warungkiara dan Qurun (6) warga Kecamatan Nagrak. Qurun dibawa ke Palu oleh ayahnya Rudhian Aripin yang juga pemilik perusahaan tempe yang ambil bagian dalam pameran itu.

"Ada enam warga Kabupaten Sukabumi yang merupakan utusan dari Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang mengkuti pameran tersebut. Mereka diberangkatkan atas undangan Wali Kota Palu," kata Ketua FKDB Sukabumi, Ayep Zaki di Sukabumi, Sabtu.

Informasi yang dihimpun, lokasi stand pameran tersebut tidak jauh dari pantai. Seketika saat tsunami setinggi satu setengah meter melanda daerah itu Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas, sementara ayah Qurun saat kejadian tidak bersama mereka.

Kondisi pun semakin panik, karena kedua korban tersebut hilang pascatsunami, ditambah jaringan komunikasi tidak berfungsi. Pihaknya sudah mencoba beberapa kali menghubungi anggotanya yang berada di Palu namun kesulitan.

Beruntung, dua warga tersebut ditemukan selamat pada Sabtu, (29/9) pukul 08.00 WITA dan sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Saat ini keluarganya masih cemas, karena mereka belum bisa dipulangkan sebab bandara belum bisa beroperasi karena banyak fasilitas yang rusak akibat gempa berbekuatan 7,4 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Jumat, (28/9).

"Kedatangan anggotanya ke pameran itu untuk mempromosikan tempe dari Kabupaten Sukabumi. Saat kejadian ada enam orang dalam stand, empat orang selamat dan dua orang yakni Nurmansyah dan Qurun sempat terhempas air laut. Namun Alhamdulillah keduanya ditemukan dalam keadaan selamat," tambahnya.

Gempa Donggala terjadi pada pukul 17.02 WIB berkekuatan 7,4 SR. Pusat gempa tersebut di 0,2 Lintang Selatan dan 119,89 Bujur Timur, serta kedalaman pusat gempa 11 km yang berjarak 25 km Timur Laut Donggala, Sulteng. 

Baca juga: Ratusan orang mengungsi di halaman Bandara Palu
Baca juga: Basarnas Kendari berangkatkan personel ke Donggala

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018