Kita upayakan secepatnya bantuan tersalurkan, cuma memang kondisi akses jalan banyak rusak di sana sini
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pengiriman bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terhambat karena jalanan rusak sehingga bantuan belum sampai ke daerah terdampak gempa di wilayah itu.

"Kita upayakan secepatnya bantuan tersalurkan, cuma memang kondisi akses jalan banyak rusak di sana sini," katanya dalam rekaman video wawancara di Palu pada Sabtu yang dikirim humas kementerian kepada wartawan.

Menteri Sosial, yang sedang berada di Palu, mengatakan Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik dari Gorontalo dan Makassar melalui jalur darat ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Tengah.

Bantuan dari Gudang Kementerian Sosial Regional Timur yang ada di Makassar yang dibawa menggunakan kendaraan melalui jalur darat terdiri atas 100 velbed, dua tenda serbaguna keluarga, 1.500 matras, 3.000 selimut, 200 paket perlengkapan keluarga, 200 paket perlengkapan anak, 100 tenda gulung, 345 paket perlengkapan makan, 100 paket sandang.

Selain itu ada bantuan dari Jakarta yang masih menunggu penerbangan ke Sulawesi Tengah. Bantuan dari Jakarta meliputi 1.000 kardus makanan cepat saji, 2.000 velbed, 25 tenda serbaguna, 3.000 tenda gulung, dua paket perlengkapan dapur umum lapangan, 1.000 matras, dan 1.500 kasur.

Kementerian Sosial juga memobilisasi kendaraan siaga bencana dari daerah penyangga berupa mobil penyelamatan, truk, dan terutama mobil dapur umum lapangan yang bisa digunakan untuk memasak cepat dalam jumlah besar.

"Seharusnya sebagian bantuan dari Kemensos sudah sampai," tambah Agus.
 
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi daerah terdampak gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/9/2018). (Humas Kementerian Sosial)


Di daerah terdampak gempa, Menteri Sosial bertemu dengan seorang anak berusia sekitar dua tahun yang terpisah dari kedua orangtuanya.

"Anak ini salah satu korban yang ditemukan warga lalu dibawa ke sini. Untuk sementara di sini dulu kita tunggu perkembangannya, siapa orangnya," katanya.

Gempa 7,4 SR terjadi pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB dengan pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer di 27 kilometer Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa bumi tersebut memicu tsunami di Palu.

Menurut data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, gempa bumi dan tsunami tersebut telah menyebabkan 384 orang meninggal dunia dan 540 warga lainnya luka-luka.

Baca juga: BNPB: korban gempa di Palu tambah jadi 384 orang
Baca juga: Aliran bantuan ke Palu-Donggala belum lancar karena akses sulit

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018