Liga Italia

Roma akhiri krisis dengan menangi Derby Della Capitale

Roma akhiri krisis dengan menangi Derby Della Capitale

Federico Fazio merayakan gol pada pertandingan Liga Italia antara AS Roma melawan Lazio di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Sabtu (29/9/2018).(twitter.com/OfficialASRoma)

Jakarta (ANTARA News) - AS Roma mengakhiri krisis yang mereka alami dengan kemenangan 3-1 atas rival sekota Lazio dalam pertandingan lanjutan pekan ketujuh Liga Italia di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Sabtu.

Kemenangan dalam laga yang lebih dikenal sebagai Derby Della Capitale alias derby ibu kota Italia tersebut diraih Roma berkat gol-gol yang dicetak Lorenzo Pellegrini, Aleksandar Kolarov dan Federico Fazio, sementara Lazio membalas lewat Ciro Immobile, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia.

Tambahan tiga poin membawa Roma naik ke peringkat kelima dengan koleksi 11 poin, masih di bawah Lazio (12) yang tetap berada di urutan keempat.

Kendati meraih kemenangan 4-0 atas Frosinone di laga tengah pekan, Rabu (26/9), Giallorossi masih berada di bawah tekanan sebab itulah satu-satunya kemenangan mereka sejak laga pembukaan. Kehadiran Edin Dzeko kembali dalam tim memompa daya gedor Roma, sementara Lazio yang memasuki pertandingan berbekalkan catatan manis lima kemenangan beruntun di semua kompetisi harus memberikan lini pertahanan kepada Martin Caceres akibat Stefan Radu cedera.

Sejak Januari 2015 Derby Della Capitale hanya sekali berakhir imbang, Roma memimpin dengan lima kemenangan dan dua sisanya milik Lazio.

Roma hampir membuka keunggulan pada menit ke-32 ketika umpan silang Daniele De Rossi tertuju kepada Stephan El Shaarawy yang tidak terkawal, namun ia gagal memutuskan apakah akan melepaskan sepakan voli atau mengontrol bola dan justru tidak melakukan keduanya, hanya menyaksikan bola melewati dirinya.

Mereka mendapatkan masalah serius ketika Javier Pastore harus ditarik keluar lapangan karena cedera betis dan ia digantikan Pellegrini.

Tidak disangka, hal itu justru terbukti menjadi keputusan yang tepat, karena Pellegrini memecah kebuntuan sebelum turun minum. Bola panjang dikuasai oleh El Shaarawy, yang bekerja sama dengan Luis Felipe untuk mengecoh kiper Thomas Strakosha, dan Pellegrini menyelesaikan peluang dengan sepakan tumit ke gawang yang kosong.

Beberapa saat kemudian, Ciro Immobile membuang peluang dari serangan baik ketika bola justru mengenai lututnya dan menjauhinya.

Tensi meninggi di kubu Roma, ketika Dzeko berdebat dengan El Shaarawy lantaran pemain Italia itu memilih melepaskan tembakan ketimbang memberi operan. Sepakan mendatar Pellegrini masih belum kembali mengancam gawang Lazio, namun justru Fazio yang lengah di tepi kotak penalti, membuat Immobile dapat melepaskan sepakan menyudut menuju sudut bawah gawang tuan rumah.

Tidak lama kemudian, Milan Badelj melakukan tekel terhadap Pellegrini di luar kotak penalti. Dari tendangan bebas itu, Kolaroc melepaskan sepakan keras yang melesak masuk ke gawang Lazio.

Kiper Robin Olsen menepis sepakan jarak jauh Sergej Milinkovic-Savic, sedangkan Straosha melakukan hal yang sama terhadap tendangan bebas cepat Kolarov.

Fazio memastikan kemenangan 3-1 Roma atas Lazio lewat sumbangan golnya, yang didapat ketika ia melompat untuk menyambut bola tendangan bebas Pellegrini.

Baca juga: Berlusconi resmi membeli klub Serie C Monza

Baca juga: Milan kembali gagal menang, ditahan Empoli 1-1


Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia:

AS Roma (4-2-3-1): Olsen, Santon, Fazio, Manolas, Kolarov, De Rossi (Cristante 74'), Nzonzi, Florenzi (Juan Jesus 83'), Pastore (Pellegrini 37'), El Shaarawy, Dzeko
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Lazio (3-5-2): Strakosha, Caceres, Acerbi, Felipe, Marusic, Parolo (Badelj 54'), Leiva, Milinkovic-Savic, Lulic (Caicedo 82'), Alberto (Correa 53'), Immobile
Pelatih: Simone Inzaghi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar