Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund sempat tertinggal dua gol saat melawat ke markas Bayer Leverkusen, namun mereka mampu membalikkan keadaan untuk kemudian menang 4-2 pada pertandingan yang dimainkan di BayArena, Leverkusen, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin ini sekaligus membawa Dortmund memuncaki klasemen Liga Jerman dengan 14 poin, unggul satu poin atas Bayern Muenchen yang pada pertandingan Sabtu dipaksa takluk 0-2 oleh Hertha Berlin, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Hertha Berlin berikan kekalahan perdana kepada Bayern Muenchen musim ini

Leverkusen tampil dominan pada awal pertandingan dan hampir membuka keunggulan dari tendangan sudut Julian Brandt, ketika bek Dortmund Dan-Axel Zagadou nyaris memasukkan bola ke gawangnya sendiri. Kebuntuan pecah pada menit ke-9 saat umpan silang Lucas Alario dari sisi kiri disambar bek kanan Mitchell Weiser, yang melepaskan sepakan mendatar ke sudut gawang untuk menjadi gol perdananya bagi Leverkusen.

Dortmund berupaya bangkit ketika sepakan Christian Pulisic dapat ditahan kiper Lukas Hradecky, sedangkan Marco Reus memaksa kiper asal Finlandia tersebut untuk melakukan penyelamatan terhadap tendangan bebasnya.

Enam menit sebelum turun minum, Jonathan Tah memaksimalkan kelengahan pertahanan Dortmund untuk menggandakan keunggulan Leverkusen dari tendangan sudut lain yang dikirimkan Brandt.

Kedua tim bergantian menyerang pada awal babak kedua. Reus hampir mengemas gol setelah mendapat sodoran bola dai Jacob Bruun Larsen, sedangkan Brandt meresponnya dengan sepakan yang memaksa kiper Roman Buerki menepis bola ke atas mistar gawang, dan upaya Kevin Volland mengenai tiang gawang saat ia berusaha meneruskan bola sepakan jarak jauh.

Bruun Larsen memperkecil ketertinggalan Dortmund pada menit ke-65, memasukkan bola setelah Hradecky menepis sepakan Reus, dan Reus menyamakan kedudukan empat menit kemudian setelah pemain pengganti Jadon Sancho melakukan pergerakan brilian.

Kebangkitan Dortmund menjadi lengkap ketika pemain pengganti lainnya, Paco Alcacer, melakukan kerja sama apik dengan brilian dengan Achraf Hakimi sebelum memasukkan bola ke gawang, dan legiun Spanyol itu bahkan melengkapi kemenangan tim tamu pada fase akhir pertandingan.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:
Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Hradecky, Weiser (Jedvaj 70'), Tah, Sven Bender, Wendell, Dominik Kohr, Lars Bender, Brandt (Paulinho 79'), Havertz, Volland, Alario (Bailey 70')
Pelatih: Heik oHerrlich

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki, Hakimi, Akanji, Axel Zagadou, Diallo, Witsel, Delaney (Dahoud 46'), Pulisic (Sancho 68'), Reus, Bruun Larsen, Philipp (Alcacer 63')
Pelatih: Lucien Favre

Baca juga: Reus menjadi bintang saat Dortmund pesta gol ke gawang Nuernberg

Baca juga: Dua gol Volland bawa Leverkusen taklukkan Dusseldorf

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018