Liga Italia

Raih kemenangan 3-1, Juventus menjauhi kejaran Napoli

Raih kemenangan 3-1, Juventus menjauhi kejaran Napoli

Para pemain Juventus merayakan gol saat berhadapan dengan Napoli di Stadion Allianz, Turin, Minggu dini hari WIB (twitter.com/juventusfc)

Jakarta (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Juventus semakin menjauhi kejaran tim peringkat kedua Napoli berkat kemenangan 3-1 atas lawannya tersebut pada pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Italia, Minggu dini hari WIB.

Hasil pertandingan ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen, namun Juve kini mengoleksi 21 poin sedangkan Napoli baru memiliki 15 poin, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia.

Juve tidak diperkuat Sami Khedira, Mattia De Sciglio, Leonardo Spinazzola dan Douglas Costa yang terkena skors, sehingga Emre Can dimainkan dan Paulo Dybala juga mendapat kesempatan bermain. Pelatih Napoli Carlo Ancelotti ngotot menurunkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan Dries Mertens, Lorenzo Insigne, dan Piotr Zielinski.

Zielinski hampir membuka keunggulan timnya pada menit ke-6, tembakan kaki kirinya dari jarak jauh mengenai tiang jauh ketika Wojciech Szczesny telah ditaklukkan.

Cristiano Ronaldo menguji kiper David Ospina dari jarak 20 meter, namun Napoli unggul terlebih dahulu melalui gol yang mengandalkan kerja sama tim.

Allan mengintersep bola operan Leonardo Bonucci, menyodorkannya kepada Jose Callejon, yang kemudian mengirimkan sepakan voli untuk diselesaikan Mertens.

Juventus tetap berkepala dingin dan menyamakan kedudukan pada menit ke-26, ketika Cristiano Ronaldo mengecoh Elseif Hysaij dan mengirimkan umpan silang untuk disambar tandukan Mario Mandzukic.

Beberapa saat kemudian, Ronaldo dijatuhkan di luar kotak penalti, dan dari tendangan bebas yang dihasilkan ia memaksa Ospina melakukan penyelamatan dari sudut sempit, namun tidak seorang pun mampu menyambar bola pantul, ketika Marek Hamsik dengan susah payah memblok Miralem Pjanic.

Momentum kemudian berubah ke arah tuan rumah, Emre Can melepaskan sepakan yang melambung dari sudut sempit dan Koulibaly mendapat kartu kuning akibat pelanggarannya terhadap Ronaldo.

Manduzkic mengemas gol kedua Juventus pada menit ke-49. Tembakan Ronaldo dapat ditepis kiper dan Manduzkic menjadi sosok tercepat untuk menyambar bola pantul.

Zielinski berupaya membangkitkan timnya, melepaskan umpan akurat dari luar kotak penalti yang harus dengan susah payah diintersep Alex Sandro untuk mengehntikan upaya Callejon.

Szczesny hampir melakukan gol bunuh diri ketika bola sepakan Insigne terlepas dari tangannya, namun Alex Sandro mampu menyapu bola dan melakukan penyelamatan.

Saat Napoli berjuang keras untuk menyamakan kedudukan, Mario Rui melakukan pelanggaran terhadap Dybala yang membuatnya mendapatkan kartu kuning kedua.

Juventus memaksimalkan keunggulan jumlah pemain untuk memperbesar keunggulan mereka. Tendangan sudut dibelokkan Ronaldo kepada Bonucci yang kemudian meluncur di tiang jauh untuk memasukkan bola, menebus kesalahannya yang membuat Mertens dapat mencetak gol.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Juventus (4-3-3): Szczesny, Cancelo, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro, Can (Bentancur 62), Pjanic, Matuidi, Dybala (Bernardeschi 64), Mandzukic (Cuadrado 84), Ronaldo
Pelatih: Massimiliano Allegri

Napoli (4-4-2): Ospina, Hysaj, Albiol, Koulibaly, Mario Rui, Callejon, Allan, Hamsik (Fabian 69), Zielinski (Malcuit 61), Insigne, Mertens (Milik 61)   
Pelatih: Carlo Ancelotti

Baca juga: Dybala akhiri puasa gol saat Juve pecundangi Bologna

Baca juga: Juventus semakin kokoh di puncak klasemen



 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar