Badai kong-rey terpantau di sebelah utara Papua

Badai kong-rey terpantau di sebelah utara Papua

Satelit Terra milik Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menangkap citra Siklon Tropis Tembin mendekati bagian selatan Filipina. (NASA Goddard MODIS Rapid Response Team)

Jakarta (ANTARA News) - Siklon tropis atau badai Kong-Rey terpantau oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) muncul di Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

"Tepatnya pada posisi 13,5 Lintang Utara dan 139,0 Bujur Timur atau sekitar 1.660 kilometer (km) sebelah utara Biak," kata Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko di Jakarta, Minggu.

Badai Kong-Rey bergerak ke arah Barat Barat laut dengan kecepatan 10 knots (19 km per jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan tekanan terendah 980 milibar (mb) dan kekuatan 60 knots (110 km per jam).

Pada 24 jam ke depan diperkirakan badai akan berada di Samudera Pasifik, sebelah utara Papua tepatnya pada koordinat 15,6 LU, 136,6 BT atau sekitar 1.870 km sebelah utara Biak.

Badai bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan bergerak 9 knots (15 km per jam) menjauhi wilayah Indonesia dan tekanan terendah 970 mb serta kekuatan 70 knots (130 km per jam).

Siklon tropis Kong-Rey memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai dengan 2,50 meter berpotensi terjadi di Perairan timur Kepulauan Talaud

Serta di Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Baca juga: Siklon tropis Prapiroon tidak berdampak di Indonesia

Baca juga: Siklon Mangkhut sebabkan gelombang tinggi di Maluku-Halmahera

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2018

BMKG prediksi siklon tropis yang berpotensi sebabkan cuaca ekstrem

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar